Aplikasi Android Tak Bisa Dibuka? Lakukan 3 Cara ini

Avatar of PortalMadura.com
Aplikasi-Android-Tak-Bisa-Dibuka-Lakukan-3-Cara-ini
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Intensitas penggunaan aplikasi di smartphone setiap hari kian meningkat seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan masing-masing orang terkait data maupun informasi. Tapi sayangnya, terkadang ada saja kendala saat ingin masuk ke aplikasi yang dituju.

Ada beragam masalah yang mungkin dijumpai, mulai dari yang cenderung lambat masuknya atau loading lama hingga ketika memunculkan logo aplikasi tersebut, pengguna dikembalikan ke halaman Home atau daftar aplikasi. Bahkan ada juga yang kemudian tidak bisa diakses atau dibuka berkali-kali.

Meski kendala itu sering dikaitkan dengan serangan malware atau virus, namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu. Bagaimana?. Berikut ini cara untuk mengatasi aplikasi Android yang tidak bisa dibuka, seperti dilansir Liputan6.com yang dikutip dari OnlineTechTips:

Menutup Paksa Aplikasi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menutup paksa aplikasi tersebut. Ini adalah pengaturan bawaan yang ada di setiap sistem Android. Anda bisa menemukan pengaturan ini saat melihat detail informasi dari aplikasi yang bersangkutan.

Caranya, buka Settings, lalu gulir ke bawah untuk menemukan pilihan Apps atau Aplication. Ketuk aplikasi yang tidak bisa dibuka, kemudian, pada sisi kanan bawah akan ada pilihan ‘Tutup Paksa' atau ‘Force Close'.

Setelah mengetuk perintah tersebut, pengguna akan melihat peringatan untuk memperhatikan efek dari tindakan tersebut. Fungsi ini akan menutup paksa aplikasi yang berjalan, termasuk juga jika ada kesalahan yang terjadi dalam aplikasi.

Restart Perangkat

Dalam kasus terjadi kesalahan dalam aplikasi, Anda bisa menggunakan cara di atas. Namun, jika cara tersebut belum berhasil, Anda bisa melakukan restart smartphone. Salah satu faktor penyebab aplikasi yang tidak bisa dibuka karena ada kesalahan pada smartphone.

Untuk memulihkan kinerja perangkat, salah satu caranya adalah dengan melaukan restart pada perangkat. Cara untuk me-restart sama di berbagai perangkat. Dengan menekan dan tahan tombol power yang tersedia di perangkat.

Lalu, pilih opsi Restart. Selain itu, Anda bisa melakukan perintah ini melalui menu dropdown layaknya membuka notifikasi. Bisa juga pilih ikon Power yang ada di bagian atas, lalu pilih opsi Restart.

Selain dua langkah sebelumnya, ada cara lain untuk mengatasi masalah aplikasi ini. Meski biasanya akan ada notifikasi jika aplikasi tidak cukup up-to-date, beberapa aplikasi tidak memunculkan notifikasi tersebut.

Oleh karena itu, Anda bisa mengeceknya melalui toko aplikasi Google Play Store dan melihat detail aplikasi tersebut. Cukup dengan mengetikkan nama aplikasi di Play Store. Kemudian, jika aplikasi yang Anda gunakan terlalu lawas, akan ada pilihan ‘Update' di sisi kanan.

Setelah melakukan update aplikasi, Anda bisa mencoba kembali untuk membuka aplikasi tersebut. Demikian tiga cara yang bisa Anda coba lakukan ketika aplikasi di smartphone Anda tidak kunjung bisa dibuka. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.