Artichoke, Si Hijau yang Punya 4 Manfaat untuk Kulit

Avatar of PortalMadura.com
Artichoke, Si Hijau yang Punya 4 Manfaat untuk Kulit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernah mendengar istilah ?. Tanaman ini mungkin masih terdengar asing di telinga. Ternyata, tanaman ini digunakan dalam produk kecantikan. Di antara berbagai bahan alami yang biasa digunakan, artichoke ini menjadi salah satu tanaman yang juga dipercaya ampuh mengatasi permasalahan kulit.

Dilansir Fimela.com, yang dikutip dari halaman Hello Sehat, tanaman yang kebanyakan tumbuh di wilayah Eropa ini dikenal memiliki sifat anti-oksidan yang tinggi.

Tidak hanya itu, artichoke juga sering digunakan dalam pengobatan herbal untuk berbagai macam penyakit. Misalnya, menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah, masalah hati, ginjal, serta mencegah batu empedu.

Nah, dalam industri kecantikan, beberapa produk skincare ternama seperti Kose Cosmeport Princess Veil Morning Skin Care hingga SK-II Essential Power Essence menjadikan tanaman dengan rupa hampir mirip seperti buah naga ini sebagai salah satu kandungan di dalamnya.

Dalam web The New Potato, dituliskan jika artichoke memiliki kandungan anti-oksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman atau sayuran lain pada umumnya. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin A, C, dan E yang terdapat di dalam tanaman berwarna hijau ini.

Dari kandungan vitamin tersebut, tentu khasiatnya tidak perlu diragukan lagi untuk digunakan sebagai bahan alami dalam produk kecantikan.

Selain ketiga jenis vitamin tersebut, pada halaman Stylecraze juga disebutkan jika artichoke juga mengandung vitamin K, riboflavin, niacin, panthotenic acid, thiamin, berbagai macam mineral, dan juga phyto-nutrients.

Lantas, apa sebenarnya kelebihan dan manfaat yang dimiliki oleh tanaman dengan nama latin cynara scolymus ini?.

Melihat berbagai kandungan bermanfaat yang ada di dalam artichoke, membuat beberapa para ahli melakukan penelitian mengenai manfaat apa saja yang dapat diberikan tanaman ini untuk kecantikan. Berikut beberapa yang perlu Anda tahu:

Membantu Menjaga Elastisitas Kulit

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Procter & Gamble pada tahun 2014 silam, dikatakan jika artichoke memiliki manfaat yang sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi kulit yang kendur.

Bahkan, perusahaan Jepang Ichimaru Pharcos melakukan penelitian tentang manfaat ekstrak artichoke dan hasilnya mereka menemukan jika ekstrak tanaman satu ini dapat membantu menjaga elastisitas kulit serta mencegah munculnya kerutan dan garis-garis halus pada kulit.

Menyamarkan Tampilan Pori-pori

Tidak bisa dipungkiri, seseorang yang memiliki pori-pori besar di area wajah tentu akan terasa tidak nyaman dilihat. Nah, tanaman ini selain bisa mengatasi masalah garis halus, elastisitas kulit yang menurun juga dapat membuat tampilan pori-pori tersamarkan.

Sebagaimana menurut hasil penelitian yang sama, dikatakan jika tanaman yang kaya akan kandungan anti-oksidannya ini juga bisa membantu menyamarkan tampilan pori-pori sehingga kulit wajah pun akan menjadi terlihat lebih muda.

Mencegah Terjadinya Stres Oksidatif pada Kulit

Dilansir dari halaman Stylecraze, karena mengandung berbagai vitamin dan kandungan yang memiliki sifat anti-oksidan, artichoke dapat membantu untuk mencegah terjadinya stres oksidatif. Apa itu stres oksidatif?.

Stres oksidatif merupakan keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya, intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi makin tinggi sehingga sel-sel tubuh akan mengalami banyak kerusakan, termasuk sel kulit.

Tahukah Anda, berkat kandungan anti-oksidan dan cynaropicrin yang ada dalam artichoke, tanaman ini dapat membantu mengurangi kerusakan akibat sinar UV dan melindungi kulit.

Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat

Tidak hanya Vitamin A, C, dan E, artichoke pun memiliki kandungan niacin atau vitamin B3. Niacin dikenal memiliki sifat anti-inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan meredakan jerawat yang meradang hingga membantu menyamarkan noda bekas jerawat.

Baca Juga : Dua Napi Rutan Sumenep Kabur, Karutan: Sudah Diborgol Dua dan Dirantai

Selain itu, niacin juga membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit yang paling luar, serta menjaga kelembapan kulit. Bukan hanya memiliki manfaat untuk kulit, artichoke juga diketahui bisa digunakan untuk merawat rambut yang kering dan rusak, sehingga membuat rambut menjadi lebih sehat dan kilau alami rambut pun akan tampak kembali.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.