AS, Korsel Teken Pakta Perdagangan Bebas Baru

Avatar of PortalMadura.Com
AS, Korsel Teken Pakta Perdagangan Bebas Baru
Ilustrasi. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Amerika Serikat dan Korea Selatan menandatangani pakta pada Senin di sela-sela Sidang Umum PBB yang sedang berlangsung di New York.

Presiden Donald Trump dan Presiden Moon Jae-in menandatangani kesepakatan yang merupakan versi terbaru dari perjanjian perdagangan tahun 2012.

“Ini adalah hal yang sangat penting. Ini adalah hari yang luar biasa bagi Amerika Serikat dan Korea Selatan,” ujar Trump saat upacara penandatanganan. dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (25/9/2018).

Menurut Trump, kesepakatan itu akan mengurangi defisit perdagangan AS dengan Korsel yang mencapai USD9,8 miliar pada 2017, sekaligus meningkatkan ekspor mobil AS ke Korsel.

Di bawah kesepakatan baru, jumlah mobil yang dapat dikirimkan oleh produsen mobil AS ke Korea Selatan dengan standar keamanan AS akan bertambah dua kali lipat, yaitu dari 25.000 hingga 50.000 per pabrik setiap tahunnya, sekaligus menambah “kredit ramah lingkungan” bagi produsen mobil AS untuk memenuhi standar emisi Korsel. Selatan.

Presiden AS juga mengelu-elukan hubungan “erat” dengan Moon. Menurut Trump, kerja sama mereka akan berdampak baik bagi proses denuklirisasi Korea Utara.

“Banyak hal positif dicapai dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, dan Anda akan mendengar tentang hal itu dalam beberapa pekan mendatang,” kata dia lagi.

“Saya berharap bahwa kemajuan ini akan membentuk sebuah platform di mana hubungan ekonomi bilateral kami akan bergerak ke arah yang lebih bebas, adil, dan saling menguntungkan,” ujar Moon.

Dalam pernyataan bersama yang dirilis usai upacara penandatanganan, Trump dan Moon berjanji akan “mengarahkan pejabat Pemerintahan masing-masing untuk mengambil langkah-langkah tindak lanjut yang dibutuhkan Negara masing-masing sehingga perjanjian terbaru itu dapat diberlakukan sesegera mungkin”. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.