Asta Tinggi Sumenep Tetap Buka Selama Nataru

  • Bagikan
wisata religi sumenep
dok. Petugas gabungan mengingatkan pengunjung Asta Tinggi agar mematuhi protokol kesehatan (Taufikurrahman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Asta Tinggi atau tempat makam para raja Sumenep yang menjadi salah satu objek wisata religi tetap buka pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Asta Tinggi berlokasi di Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepala Jaga Asta Tinggi Sumenep, RB Roeska Pandji Adinda menyampaikan, pada momen nataru tetap buka, namun semua pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Minimal sudah vaksin Covid-19 dosis pertama,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan jumlah pengunjung 50 persen. Misalnya, ada 500 pengunjung, maka yang dipersilakan 50 persennya. Sisanya, tahap berikutnya.

Untuk mengatur para pengunjung, dipersiapkan delapan petugas jaga. Mereka bertugas mengecek persyaratan prokes yang diterapkan.

“Kami juga sudah mendaftarkan aplikasi PeduliLindungi, tapi sampai saat ini belum keluar dari Kemenkes,” terangnya.

Selama pandemi Covid-19, Asta Tinggi tetap buka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sebab, kata dia, pihaknya menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini.

“Kita tetap patuh terhadap aturan pemerintah. Bagaimanapun kita harus sama-sama mencegah penularan Covid-19 di Sumenep,” katanya.

Ia menyampaikan, kondisi pengunjung saat ini mulai ada peningkatan meski tidak signifikan dibanding bulan Februari-Agustus 2020 yang nyaris tidak ada pengunjung.

“Dan kami bersyukur, baik petugas maupun yang berjualan di area asta tidak ada yang terpapar Covid-19,” katanya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.