oleh

Astaghfirullah, Ternyata Suami yang Tak Punya Rasa Cemburu Bisa Terhalang Masuk Surga Menurut Hadis

PortalMadura.Com – Pernikahan merupakan sunah Rasulullah yang menjadi jalan seseorang menuju surga atau neraka. Kendatipun pernikahan adalah ibadah, akan tetapi pengikat antara laki-laki dan perempuan ini juga bisa menjerumuskan mereka yang melakukan hal yang dilarang syariat Islam masuk ke neraka.

Nah, salah satu penghalang ke surga bagi suami adalah adanya sifat dayyuts. Lantas, apa itu dayyuts?. Dayyuts berasal dari kata Ad dayyuts, yang artinya para pria yang menjadi kepala keluarga tapi tidak punya rasa cemburu dan rasa malu.

Dari Ibnu ‘Umar r.a, dengan sanad marfu’ –sampai pada Rasulullah, beliau bersabda: “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: Pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya” (HR. Ahmad 2: 69. Hadis ini sahih dilihat dari jalur lain).

Seperti diketahui, suami merupakan kepala keluarga. Mereka berkewajiban menjaga keluarga melakukan hal-hal yang mengarah kepada maksiat.

Loading...

Sebagaimana Rasulullah bersabda: “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya” (HR. Bukhari 893 dan Muslim 1829).

Dari keterangan hadis di atas, salah satu contohnya, yaitu membiarkan istrinya memperlihatkan aurat sehingga dapat dilihat oleh pria lain yang bukan mahramnya, membiarkan anak perempuan atau saudara perempuannya berdua-duaan dengan pria lain, merelakan istrinya berbincang hangat dengan pria lain, dan menyebarkan maksiat ke dalam rumah.

Berdasarkan firman Allah SWT, bahwa istri dan anak-anak adalah fitrah yang Allah tetapkan pada jiwa setiap manusia. “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)” (QS Ali ‘Imran: 14). Wallahu A’lam. (okezone.com/Salimah)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar