Wisatawan Asing Makin Tertarik ke Indonesia

Avatar of PortalMadura.Com
Wisatawan Asing Makin Tertarik ke Indonesia
Ilustrasi - Seorang turis Jepang melihat-lihat ukiran kepala kerbau yang dipajang di sebuah toko suvenir di Bali, Indonesia pada 23 Mei 2018. (Mahendra Moonstar - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan minat turis asing berwisata ke semakin meningkat.

Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, mengatakan secara tahun kalender Januari hingga Juni tahun ini, jumlah turis asing yang berkunjung sebanyak 7,53 juta.

“Jumlah ini meningkat 13,08 persen dan melampaui kunjungan pada periode sama tahun lalu yang berjumlah 6,66 juta,” ungkap Suhariyanto.dilaporkan Anadolu Agency,Rabu (1/8/2018).

Suhariyanto mengatakan, jumlah turis asing asal ASEAN yang datang ke Indonesia pada periode Januari-Juni sebanyak 2,66 juta turis. Jumlah ini meningkat 24,84 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Kemudian turis asal negara Asia lainnya berjumlah 2,81 juta kunjungan meningkat dari total kunjungan turis Asia pada periode yang sama tahun lalu dengan jumlah 2,49 juta.
“Turis asal Timur Tengah pada semester awal tahun ini sebanyak 109,3 ribu atau berkurang 4,39 persen dari periode sama tahun lalu yang berjumlah 114,4 ribu wisman,” terang dia.

Secara kewarganegaraan, turis Malaysia mendominasi dengan jumlah 1,28 juta kunjungan atau 17,06 persen dari total turis yang datang pada semester I tahun ini. Turis asal Tiongkok menjadi yang terbanyak kedua dengan jumlah 1,05 juta kunjungan atau 13,93 persen.

Sementara itu, untuk periode Juni tahun ini terdapat 1,32 juta kunjungan wisatawan asing. Angka ini naik 15,21 persen dari Juni tahun lalu dengan jumlah turis asing yang masuk sebanyak 1,14 juta kunjungan.

“Turis asing yang datang pada Juni juga lebih banyak dari kunjungan bulan Mei sejumlah 1,24 juta kunjungan,” imbuh dia.

Suhariyanto juga mengatakan pada Juni tahun ini wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia sebagian besar melalui udara dengan jumlah 812,77 ribu kunjungan.
Turis asing yang masuk melalui laut berjumlah 289,31 ribu dan turis asing melalui jalur darat berjumlah 215,96 ribu orang. (AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.