oleh

Aturan Naik Ojek Online Yang Aman di Era New Normal

PortalMadura.Com – Ojek online masih tetap populer sebagai transportasi yang sangat diminati oleh banyak kalangan. Pasalnya, motor dapat melaju dengan cepat dan dapat mengatasi kemacetan. Sayangnya, hal ini tidak memungkinkan orang untuk menaiki ojek online saat keadaan Corona Covid-19 yang semakin meningkat di tiap hari nya.

Dijelaskan oleh Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky, usaha operator ojek online ini dengan menggunakan pembatas antara pengemudi dan penumpang sudah cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Pasalnya, jika harus jaga jarak satu meter di motor ini sangat sulit.

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menaiki ojek online ?. Berikut beberapa aturan yang harus dipenuhi saat menaiki ojek online, seperti dikutip dari liputan6.Com, Rabu (5/8/2020):

Riding Gear

Penggunaan riding gear sangat membantu para penumpang dan pengemudi agar lebih aman saat mengendarai sepeda motor pada situasi sekarang ini. Setidaknya, saat pengemudi dan penumpang sudah menggunakan masker, dan partisi atau pemtas tersebut berfungsi sebagai faceshield.

Sementara itu, sebelumnya para operator ojek online sudah memberikan imbauan kepada para penggunanya. Dengan cara mengimbau penumpang agar menggunakan helm sendiri untuk meminimalisasi terjadinya penularan virus Corona Covid-19.

Cek Suhu Badan

Penumpang dan pengemudi selain menggunakan masker saat berkendara, juga harus menutup mulut dan hidung dengan siku bagian dalam saat batuk, tidak menyentuh wajah selama perjalanan, mencuci tangan dengan air dan sabun minimal 20 detik sesudah berkendara. Selain itu, disarankan juga untuk melakukan pembayaran cashless untuk meminimalisasi kontak langsung dengan orang lain.

Pengemudi juga mengimbau penumpangnya untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan jasa “ojol” serta membatasi interaksi dengan pengemudi. Disarankan pula untuk mengecek suhu tubuhnya 2 kali sehari, membuang tisu langsung ke tempat sampah setelah digunakan.

Jangan lupa selalu jaga kondisi tubuh dan asupan makanan agar imunitas tubuh tetap terjaga dari Corona, juga selalu ingat tetap di dalam rumah jika memang tidak terlalu perlu untuk keluar rumah.

Rewriter : Oktaviana Palupi A
Sumber : Liputan6.Com

Komentar