oleh

Awal Tahun 2018, Rp 300 Miliar Investasi Masuk Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Para pengusaha yang ingin berinvestasi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, pada tahun 2018 ternyata tidak sedikit. Tercatat ada 18 investor dengan dana mencapai Rp 300 miliar, terhitung mulai Januari hingga bulan Maret.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pamekasan, Agus Mulyadi mengungkapkan, investor di berbagai jenis usaha itu menanamkan modal di bumi Gerbang Salam, mulai modal Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar. Apabila dikalkulasi dari dana yang masuk berada di kisaran angka Rp 300 miliar.

“Semoga dana itu bisa terealisasi semua demi pengembangan ekonomi masyarakat. Kami tidak pernah mempersulit izin asalkan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terangnya, Sabtu (19/5/2018).

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah itu menambahkan, pengurusan izin itu tidak hanya dari instansinya, tetapi ada pengurusan SPPL, UPL dan PPL dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kemudian Amdal dan PMD dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

“Kami akan mengeluarkan izin sesuai dengan jenis investasinya, misalnya bertemakan pariwisata, maka yang dikeluarkan adalah pariwisata setelah kami tinjau proses perizinan semuanya,” tandasnya.

Menurut Agus, dari 18 investor yang telah masuk itu, sudah 15 investor yang izinnya keluar. Sementara tiga sisanya masih dalam proses, tetapi semuanya akan berjalan mudah apabila investor bisa mematuhi Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Bupati (Perbup) dan kearifan lokal Pamekasan. (Marzukiy/Putri)