Awal Tahun, Cuaca Mendukung Kualitas Rumput Laut

Avatar of PortalMadura.Com
Awal Tahun, Cuaca Mendukung Kualitas Rumput Laut
dok. Petak rumput laut di Desa Pagarbatu, Saronggi Sumenep

PortalMadura.Com, – Kondisi cuaca diawal tahun 2015 ini dinilai mendukung kualitas budidaya rumput laut, khususnya di Desa Pagarbatu, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Cuaca sekarang bagus. Kondisi ini mendukung budidaya rumput laut berkualitas,” kata Qomar (41), salah seroang warga Desa Pagarbatu, Saronggi, Sumenep, Sabtu (17/1/2015).

Ia menjelaskan, pertumbuhan rumput laut sangat dipengaruhi kondisi cuaca di laut. “Kalau angin sedang, maka ombak juga tidak besar, otomatis kualitas rumput laut juga bagus,” terangnya.

Kondisi cuaca saat ini tergolong baguss sehingga para petani rumput laut akan meraup keuntungan besar. “Dalam satu petak ukuran 12×6 meter, bisa untung pada kisaran Rp500 ribu – Rp800 ribu sekali panen,” urainya.

Modal yang harus dikeluarkan per petak mencapai Rp1,5 juta. “Kalau harga rumput laut warna hijau tetap stabil, yakni untuk rumput laut kering Rp11 ribu – Rp12 ribu per kilogram dengan kadar air kisaran 20 persen,” terangnya.

Para petani rumput laut di Desa Pagarbatu diprediksi bakal panen awal Bulan Pebruari. Selama setahun bisa panen 8 sampai 12 kali. “Jangka waktu panen itu 30-40 hari, rumput laut sudah bisa di panen,” pungkasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.