Awas! 4 Hal Ini Penyebab Munculnya Ruam Popok pada Bayi

Avatar of PortalMadura.com
Awas! 4 Hal Ini Penyebab Munculnya Ruam Popok pada Bayi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hal yang cukup mempermudah kerja orangtua adalah penggunaan popok pada bayi. Sayangnya, selain tidak ramah lingkungan hal ini bisa menimbulkan masalah kulit seperti rum popok pada bayi Anda.

Ruam popok ini biasanya disebabkan penggunaan popok yang basah dan kotor terlalu lama. Bahkan, ruam popok ini terlihat berwarna merah dengan sedikit benjolan. Hal ini biasanya terjadi pada bagian pantat, paha, serta alat vital bayi.

Enzim yang terdapat pada kencing dan kotoran bayi menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif dan memicu ruam. Ukuran popok yang terlalu sempit juga dapat memicu terjadinya hal ini. Infeksi Bakteri atau jamur juga bisa jadi penyebab terjadinya ruam popok ini.

Bagian tubuh yang biasa tertutup popok cenderung lebih hangat dan lembap membuat bayi lebih rentan terhadap infeksi ini. Sejumlah hal yang terjadi sehari-hari bisa jadi penyebab dari masalah ini.

Melansir dari merdeka.com dikutip Times of India, berikut ini ada beberapa hal yang menjadi penyebab Anda. Seperti apa, yuks simak dibawah ini.

Buah Hati Alami Reaksi Alergi
Sejumlah kandungan yang terdapat pada popok kertas yang bisa saja tidak cocok dengan kulit bayi yang sensitif. Kandungan yang tak cocok dari popok bayi ini merupakan penyebab utama ruam popok yang dialami. Biasanya bayi bakal menunjukkan reaksi ini pada merek-merek tertentu sehingga Anda bisa mencoba menggantinya. Namun jika ternyata maslaha ini masih terus dialami cobalah ganti popok kertas dengan popok kain.

Ukuran yang Tak Tepat
Salah satu masalah yang kerap dialami adalah ukuran popok bayi yang tidak tepat. Berbagai dampak pada bayi termasuk munculnya ruam popok. Baik terlalu kecil maupun terlalu besar, kedua hal ini tidak tepat bagi bayi. Keduanya bisa menyebabkan gesekan pada area tubuh bayi yang tertutup popok sehingga menyebabkan munculnya ruam.

Baca Juga: Truk Mercedes Benz Tabrak Pohon di Bangkalan

Pemakaian yang Salah
Banyaknya kasus ruam akibat popok bayi disebabkan karena orangtua memakaikan pada buah hati secara tidak tepat. Hal ini bisa berupa pantat bayi yang belum kering sepenuhnya atau jarang mengganti popok yang digunakan. Untuk mencegah hal ini, pastikan pantat buah hati benar-benar kering sepenuhnya sebelum dipasangkan popok. Hal ini juga dapat menurunkan risiko gesekan serta iritasi kulit.

Infeksi Bakteri atau Jamur
Munculnya infeksi bakteri dan jamur bisa jadi penyebab masalah ruam popok pada bayi. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan tidak mengganti popok dengan cukup sering. Infeksi ini dapat berujung masalah terutama pada kulit yang sensitif. Memastikan kebersihan yang tepat serta rutin mengganti popok bayi bisa menjadi cara agar terhindar dari masalah ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.