oleh

Resep Sambal Goreng Krecek Pedas Manis Campur Tahu Tempe yang Maknyus

PortalMadura.Com – Memasak setiap hari dengan menu yang berbeda-beda tentu menjadi tantangan tersendiri. Selain menambah pengetahuan baru tentang berbagai masakan, keluarga di rumah akan menikmati olahan yang enak dalam kesehariannya.

Jadi, ada sensasi tersendiri bagi yang memasak. Tapi dalam keadaan tertentu, pasti pernah kehabisan akal untuk memasak menu baru keesokan harinya. Nah, bagi Anda yang bingung, tidak ada salahnya membuat sambal goreng krecek pedas manis dengan campuran tahu dan tempe.

Selamat Ibadah Puasa

Kombinasi itu akan membuat rasanya makin seimbang. Mau tahu bagaimana cara membuatnya?. Berikut ini resepnya seperti dilansir PortalMadura.Com, Jumat (7/2/2020) dari laman Merdeka.com:

Bahan :

100 gram krecek tebal
50 gram tempe
50 gram tahu putih
5 cm lengkuas
3-4 sendok makan kecap manis
3 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 gelas belimbing air
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

8 buah cabai merah besar
2 buah cabai rawit merah
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara Membuat :

Pertama, cuci krecek terlebih dahulu hingga bersih, kemudian potong menjadi kotak-kotak. Lakukan hal yang sama untuk tahu dan tempe sesuai selera Anda.

Selanjutnya, panaskan minyak dan goreng tahu tempe sampai matang, setelah selesai sisihkan ke wadah. Lalu, panaskan sedikit minyak goreng kembali, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.

Setelah itu, bumbui dengan kecap manis, lalu masukan air. Masukan juga krecek, masak hingga tercampur bumbunya dan air mulai menyusut. Lalu, masukan tempe dan tahu, lalu bumbui dengan garam dan gula pasir sampai rasanya sesuai selera.

Baca Juga : Resep Krecek Bumbu Kecap yang Menggugah Selera

Terakhir, angkat masakan dari kompor jika airnya sudah hampir mengering. Selesai, sambal goreng kerecek tahu tempe sudah siap disajikan. Cocok dinikmati bersama nasi hangat. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com

Komentar