Awas! Hindari Konsumsi Minuman Bersoda saat Sahur dan Buka Puasa

Avatar of PortalMadura.com
Awas! Hindari Konsumsi Minuman Bersoda saat Sahur dan Buka Puasa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebanyak 60 hingga 70 persen dari tubuh manusia terdiri atas air. Oleh karena itu, berkurangnya asupan air ketika berpuasa dapat memengaruhi kinerja sel dan syaraf tubuh dalam berfungsi sebagaimana mestinya.Untuk menghindari kondisi tersebut, tubuh harus terhindar dari dehidrasi.

Salah satu cara agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa ialah dengan mengonsumsi minuman yang sehat baik pada saat sahur maupun berbuka. Ketika waktu buka puasa tiba, banyak orang mengonsumsi teh manis dan kopi untuk membatalkan puasa mereka.

Walau banyak dilakukan, namun kebiasaan seperti ini sebaiknya tidak dilakukan selama Ramadan. Mangunkusumo mengatakan bahwa lebih baik mengonsumsi dua jenis minuman ini ketika buka puasa. Ini untuk mencegah seseorang terlalu sering buang air kecil saat puasa.

Triyani mengatakan bahwa, “Kopi, teh, dan minuman bersoda memiliki efek diuretik. Sehingga tidak dianjurkan pada saat sahur, karena cairan yang sudah dimasukkan malah keluar.” Kondisi semacam ini bisa membuat selama puasa, seseorang mengalami dehidrasi pada tubuhnya.

Untuk itu, ketika sahur isi tubuh terlebih dulu dengan air putih. Anda bisa mengonsumsinya satu gelas setelah bangun tidur dan satu gelas lagi setelah makan besar. Selain itu, konsumsi juga buah-buahan yang lebih berguna ketimbang kopi, teh, atau minuman bersoda.

Baca Juga : 58 SKT LSM di Sampang Berstatus Kedaluwarsa

Untuk konsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, atau minuman bersoda bisa diminum pada saat jam buka puasa. Namun tentu saja harus dengan batasan. Minuman yang mengandung gula pasir tidak lebih baik dari buah-buahan untuk buka puasa. Ini berbeda dengan buah yang selain mengandung karbohidrat dan gula, ada kandungan serat yang baik.

Walau tak ada larangan untuk mengonsumsi minuman soda ketika buka puasa, namun sebaiknya hindari minuman jenis ini untuk berbuka. Kandungan gula di dalamnya tidak sesehat yang ada di dalam buah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.