Awas! Ini 3 Risiko Jika Anda Gunakan Fan Belt Palsu

Avatar of PortalMadura.com
Awas!-Ini-3-Risiko-Jika-Anda-Gunakan-Fan-Belt-Palsu
Ilustrasi (kompas.com)

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, sebagian pemilik mobil terkadang masih terlalu hemat dalam melakukan perawatan pada mobilnya. Misalnya saja, saat mengganti komponen, tidak jarang mereka memakai atau kualitas di bawah keasliannya.

Tidak hanya soal komponen eksterior atau interiornya, pada komponen mesin masih banyak pemilik yang kompromi perihal tersebut. Apalagi untuk urusan yang terbilang cukup penting. Di mana, fungsi fan belt ini berguna untuk menggerakan beberapa komponen seperti kompresor AC, poros altenator, waterpump serta beberapa komponen lainnya.

Jika penggunaan fan belt ini menggunakan kualitas yang rendah, maka tidak heran jika nanti kendaraan kesayangan Anda akan berdampak kurang baik dari sisi performa komponen tersebut. Pasalnya, untuk barang orisinil sudah diperhitungkan mengenai usia pakai serta bahan yang digunakannya.

Lantas, apa yang akan dirasakan oleh pemilik mobil jika menggunakan komponen tersebut pada mobilnya?. Berikut ada tiga konsekuensi yang harus ditanggung ketika menggunakan komponen fan belt tidak sesuai anjuran dari pabrikan atau menggunakan barang imitasi seperti dilansir PortalMadura.Com, Senin (2/8/2021) dari laman Liputan6.Com:

Usia Pakai Akan Lebih Cepat Rusak

Berbekal bahan yang tidak mumpuni atau berada di bawah tingkat orisinil, maka penggunaan komponen imitasi sudah pasti akan lebih cepat rusak ketimbang penggunaan komponen orisinilnya.

Sebut saja bahan karet yang menjadi bahan baku utamanya, bukan tidak mungkin baru dipakai dalam waktu yang singkat, maka karet tersebut akan putus ketika mobil tengah digunakan.

Karet Cepat Keras

Tidak seperti komponen aslinya, untuk fan belt imitasi atau yang memiliki kualitas di bawah orisinil, maka akan cepat keras bagian karetnya. Jika sudah keras atau getas, maka performa komponen ini tidak lagi maksimal.

Hal ini dikarenakan penggunaan karet tersebut harus lentur karena ketika digunakan, maka karet tersebut mengalami penyesuaian dan akan mendapatkan tekanan yang kuat dari komponen lainnya.

Menimbulkan Suara Berisik

Tidak hanya dari segi kualitas serta usia pakainya yang relatif singkat. Penggunaan komponen fan belt yang tidak sesuai, juga akan memiliki dampak lain, seperti suara berisik yang berasal dari gesekan fanbelt tersebut dengan pemutarnya.

Hal ini dikarenakan, bahan baku tersebut tidak standar sehingga seiring penggunaannya akan menimbulkan suara yang berisik. Biasanya, suara berisik ini akan terus terdengar ketika mobil dijalankan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.