Awas, Nyeri Saat Haid Bisa Jadi Anda Terkena Endometriosis

Avatar of PortalMadura.Com
Awas, Nyeri Saat Haid Bisa Jadi Anda Terkena Endometriosis
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Apa yang dimaksud endometriosis? Ia merupakan penyakit yang diakibatkan pertumbuhan jaringan endometrium di luar endometrium. Normalnya, jaringan endometrium berada di lapis terdalam dari tiga lapis dinding rahim. Namun, saat endometriosis terjadi jaringan tersebut tumbuh di tempat yang tidak semestinya. Memiliki anak memang dambaan setiap pasangan yang memulai keluarga.

Sayangnya, banyak penyakit yang mengintai salah satunya endometriosis, penyakit kandungan yang bisa mengarah pada risiko infertilitas. Disebutkan bahwa 1 dari 7 wanita punya risiko menstruasi, tidak semestinya mengalami gejala menyakitkan. Jika sakit yang terjadi sudah terlalu parah, maka perlu diperiksakan ke dokter.

Ahli Kandungan dr Ivan Sini menyebutkan, endometriosis biasanya dapat menyumbat rongga panggul. Karenanya, dapat menimbulkan berbagai gejala saat menstruasi. Kondisi ini menimbulkan gejala nyeri haid, nyeri saat berkemih hingga saat berhubungan seks juga mengalami keluhan nyeri. Akan tetapi, gejala tersebut sangat khas karena muncul ketika menstruasi saja.

Namun, menurut dr Ivan, juga tergolong kompleks. Beberapa pasien ada yang mengalami gejala menyakitkan tersebut. “Keluhan nyeri tersebut biasanya terdapat isi cairan di bagian indung telur. Isinya malahan terdapat sisa-sisa darah menstruasi yang kotor,”

Nah, untuk mengurangi gejalanya sampai menghilangkan endometriosis sendiri bisa menggunakan teknik laparoskopi. Bahkan, ada juga teknologi robotic surgery yang minim invasif.(Okezone.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.