Awas! Pakai 5 Aksesoris Ini di Mobil Bisa Bawa Petaka

Avatar of PortalMadura.com
Awas!-Pakai-5-Aksesoris-Ini-di-Mobil-Bisa-Bawa-Petaka
Ilustrasi (Gridoto.com)

PortalMadura.Com – Suasana yang monoton di dalam mobil memang kurang enak dipandang mata. Tidak heran banyak pengendara menyelipkan beragam aksesoris agar terlihat lebih bagus dan berbeda dari biasanya.

Aksesoris yang dipakai pun bermacam-macam, mulai dari boneka, gantungan, stiker dan masih banyak yang lain. Di antara semua aksesoris yang digunakan, sedikit sekali orang yang menyadari bahwa ternyata aksen itu kurang tepat ditaruh di mobil.

Bahkan pada beberapa kasus, aksesoris tersebut justru bisa mengganggu konsentrasi pengemudi. Nah, berikut aksesori-aksesori yang sebaiknya Anda hindari, terutama dalam perjalanan jauh seperti mudik sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (28/4/2022) dari laman Idntimes.com:

Gantungan di Spion Tengah

Kalau Anda menggantung parfum atau apa pun di kaca spion tengah, sebaiknya lekas lepas parfum atau gantungan tersebut. Sebab keberadaannya selain bisa menghalangi pandangan juga berpotensi memecahkan konsentrasi pengemudi.

Dashboard Bukan Toko Mainan

Kebiasaan lain yang sering keliru adalah meletakkan begitu banyak mainan di dashboard depan. Padahal dashboard itu bukan etalase mainan.

Mainan-mainan tersebut biasanya akan bergeser atau bahkan jatuh saat mobil mengerem atau berbelok secara tiba-tiba. Situasi ini bisa membahayakan.

Sarung Setir Tidak Pas

Aksesoris lain yang bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi pengemudi adalah sarung setir yang ukurannya lebih besar dari lingkar kemudi.

Sebab sarung yang longgar akan membuat cengkeraman terhadap kemudi menjadi kendur. Akibatnya, saat setir diputar, hanya sarungnya saja yang ikut berputar. Situasi ini, tentu saja, akan sangat membahayakan. Apalagi jika Anda sering melintas di jalan yang berliku-liku.

Cover Pedal yang Licin

Ada alasan kenapa kebanyakan pabrikan mobil melapisi pedal dari bahan karet, yakni agar tidak licin. Namun ada aksesori berupa cover pedal yang terbuat dari logam.

Secara tampilan, cover pedal dari logam memang lebih menarik. Tapi sekaligus juga lebih tidak aman. Sebab logam itu lebih licin dari karet.

Bayangkan jika saat hendak menyalip tiba-tiba kaki Anda terpeleset dari pedal gas yang licin. So, carilah aksesori cover pedal yang terbuat dari karet.

Stiker Happy Family

Sekarang ini banyak orang menempelkan stiker happy family di kaca mobil mereka. Stiker tersebut biasanya berupa ayah, ibu, dan anak yang berdiri berbaris.

Bahkan banyak yang menuliskan nama anak mereka di bawah stiker tersebut. Padahal menempelkan stiker happy family ini berbahaya.

Sebab itu sama saja memberikan informasi mengenai keluarga Anda secara cuma-cuma kepada orang yang berniat jahat atau sebut saja penculik anak. Apalagi kalau di mobil yang sama tertempel stiker sekolah atau nama perumahan. Risikonya akan menjadi berlipat kali.

Oleh karena itu, pikir ulang kalau mau memasang stiker di mobil. Kalau pun mau memasang stiker, Anda bisa pasang stiker dengan kalimat ‘Harap Jaga Jarak, Mobil Ini Belum Lunas'. Stiker ini jauh lebih aman.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.