Awas, Risiko Terlalu Lama Aktifkan Rem Parkir Ini Bahayanya!

Avatar of PortalMadura.com
Awas, Risiko Terlalu Lama Aktifkan Rem Parkir Ini Bahayanya!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Rem parkir biasanya dipakai saat parkir atau ketika mobil berhenti dalam waktu yang cukup lama. Namun penggunaan yang berlebihan ternyata bisa menimbulkan dampak buruk. Cara kerja rem parkir ini sangat sederhana, saat tuas ditekan, rem belakang akan mengunci sehingga mobil tidak bisa bergerak sendiri.

Rem parkir pun biasanya jadi pilihan utama para pemilik mobil saat memarkir kendaraannya di rumah. Namun, terlalu lama mobil diparkir dengan menarik rem tangan, ada bahaya yang belum banyak orang tahu. Dikhawatirkan, kampas rem bisa terlepas dari pelat atau besi penyangganya.

Masalah kampas rem lepas ini biasanya rentan menyerang rem belakang berjenis tromol. Sebab rem belakang jenis tromol, memiliki bidang kontak yang lebih panjang jika dibandingkan dengan rem cakram.

Saat rem tangan aktif, kampas rem itu terus menempel dengan tromol atau piringan cakram. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka ada potensi kampas rem berisiko lengket dan menempel pada tromol atau piringan cakram. Kotoran dan karat juga bisa menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Ini Alasan Dejan Antonic Cadangkan Beto Saat Hadapi Persib

Saat pengemudi mengira rem tangan sudah tidak aktif dan mulai menginjak pedal gas, maka putara tromol akan membuat kampas rem terlepas dari dudukannya.

Jika dipaksa melaju, kampas rem berisiko lepas dan akan sangat berbahaya jika mobil dikendarai. Risiko akan semakin tinggi jika Anda mengaktifkan rem tangan aktif dalam waktu lama dengan kondisi terakhir rem yang masih basah.

Solusinya, kurangi penggunaan rem parkir, terutama ketika mobil akan ditinggal dalam waktu lama. Jadi ban mobil cukup diganjal dengan balok atau tire stopper jika memang kendaraan akan ditinggal lama.

Memang butuh waktu yang lama untuk kampas rem menjadi lengket dengan tromol, namun akan lebih baik mencegah daripada rusak dan akhirnya keluar biaya untuk ke bengkel.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.