Ayo Saksikan, Malam Ini Meteor Akan Menghujani Bumi

Avatar of PortalMadura.com
Ayo Saksikan, Malam Ini Meteor Akan Menghujani Bumi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ratusan akan menghujani Bumi pada pukul 22.00 Wib, Rabu (21/10/2015). Meteor itu berasal dari debu-debu Komet 1P/Halley yang terbakar karena bersinggungan dengan atmosfer Bumi.

Fenomena jatuhnya meteor-meteor dari Komet 1P/Halley itu dikenal dengan meteor Orionids. Meteor akan melesat dari sisi bawah rasi Orion atau Lintang Waluku menurut istilah Jawa.

Hujan meteor Orionids sebenarnya bisa disaksikan hingga 7 November 2015. Namun, adalah malam terbaik untuk menyaksikannya karena merupakan puncak fenomenanya.

“Orionids dapat menampakkan sampai 15-20 meteor setiap jam pada saat puncaknya,” ungkap Mutoha Arkanuddin, pembina Jogja Astro Club, dilansir kompas.com.

Waktu paling tepat untuk menyaksikannya adalah selepas pukul 22.00 WIB hingga dini hari. Lepas tengah malam, bulan akan tenggelam sehingga langit lebih gelap, memungkinkan lebih banyak pengamatan meteor.

Meteor akan melesat dengan kecepatan 66 km per detik. Cepat memang, tetapi jangan lupa untuk menghitungnya. Coba cermat saat mengamati, siapa tahu ada fenomena istimewa.(kompas.com)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.