oleh

Baanar Desak Polisi Geledah Lapas Narkotika Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan– Badan Ansor Antik Narkoba (Baanar) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mendesak agar polisi segera menggeledah lembaga pemasyarakatan (Lapas) Narkotika setempat.

Kepala Baanar Pamekasan, Hairul Anam mengungkapkan, penggeledahan itu dalam rangka memastikan peristiwa tembak mati terhadap tersangka Agus Slamet (34), warga Desa Tebo Selatan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Malang oleh Satresnarkoba Polrestabes Surabaya.

Agus merupakan pemasok narkoba jenis sabu seberat 2 kg. Yang bersangkutan diduga kuat dikendalikan oleh salah satu narapidana (napi) di Lapas Narkotika Pamekasan untuk diedarkan di daerah Surabaya.

“Dari data yang dimiliki Satresnarkoba Polrestabes Surabaya, tersangka Agus merupakan residivis pada tahun 2016 dengan kasus curanmor. Dia dikendalikan seorang napi dari Lapas Pamekasan,” katanya, Minggu (27/12/2020).

Menurutnya, dalam keterangan pihak kepolisian, tersangka Agus ingin melawan petugas saat dilakukan penangkapan dengan hendak membacok menggunakan pisau. Sehingga polisi terpaksa menembak mati residivis dalam kasus curanmor tersebut.

Alumnus Pondok Pesantren Annuqayah Guluk Guluk Sumenep tersebut mengaku yakin Polres Pamekasan mampu melakukan hal tersebut. Sebab, ada kekhawatiran kuat bahwa peredaran narkoba di Lapas Pamekasan telah masif.

“Seorang napi yang ditahan di balik jeruji Lapas Pamekasan tapi masih bisa jadi pengendali pemasok narkoba, sungguh di luar nalar. Kemungkinan ada yang eror dengan kinerja oknum petugas di Lapas Narkotika Pamekasan. Harus segera digeledah,” tegasnya.

Pihaknya akan tetap berpijak pada peraturan organisasi dengan memberikan pendampingan dan gerakan pencegahan terhadap peredaran narkoba bukan eksekusi penegakan hukum.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Desy Wulandari

Komentar