oleh

Baca Doa Ini Saat Naik Kendaraan Agar Selamat di Perjalanan

PortalMadura.Com – Bagi seorang mukmin, doa menjadi kekuatan dalam menjalankan segala aktivitas. Sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah yang selalu berdoa setiap kali mengawali kegiatannya. Hal ini tidak lain agar apa yang dikerjakan menjadi ibadah.

Tidak terkecuali berdoa saat akan naik kendaraan. Tujuannya tentu untuk mendapatkan keselamatan sampai tempat yang dituju. Tapi, masih banyak orang yang mengabaikannya, entah karena lupa atau memang tidak tahu dengan bacaan doanya.

Nah, agar perjalanan Anda selamat sampai tujuan berikut ini doa naik kendaraan:

Seperti aktivitas lainnya, naik kendaraan juga selayaknya diawali dengan berdoa. Pasalnya, kekuatan doa akan mampu menolong kita selama selama perjalanan. Selain itu, doa juga menjadi salah satu ibadah yang bernilai pahala. Doanya yaitu;

BISMILLAH, ALHAMDULILLAH, SUBHANALLADZI SAKH-KHORO LANAA HADZA WA MAA KUNNA LAHU MUQRINIIN. WA INNA ILAA ROBBINA LAMUN-QOLIBUUN. ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH. ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR SUBHAHAANA KALLAHUMMA INNI ZHALAMTU NAFSII FAGH FIRLII FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA“.

Artinya; “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (pada hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Loading...

Rasulullah juga terbiasa bertakbir dan bertasbih sepanjang perjalanan baik yang mendaki ataupun yang menurun. Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata,

Kami bertakbir ketika melewati jalan yang naik, dan bertasbih ketika melewati jalan yang turun” (HR. Al-Bukhari).

Makna dari riwayat tersebut adalah saat menaiki tempat-tempat yang tinggi mengucapkan: “Allahu Akbar”, dan ketika menuruni tempat-tempat yang lebih rendah mengucapkan: “Subhanallah”.

Rasulullah juga mengajarkan umatnya agar menyebut nama Allah SWT saat kendaraan akan tergelincir. Kebanyakan, mungkin tidak sengaja mengucapkan kata-kata yang tidak baik ketika kendaraan akan tergelincir jatuh.

Rasulullah mengajarkan untuk mengucapkan, “bismillah”. Usamah bin ‘Umair radhiyallahu ‘anhu menceritakan, “Aku pernah dibonceng Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas tunggangannya tergelincir, maka aku berkata, ‘tergelincirlah setan.’ Maka Nabi berkata, ‘Janganlah kamu katakan tergelincirlah setan. Jika kamu berkata demikian, dia (setan) akan membesar hingga sebesar rumah, dan berkata, ‘Dengan kekuatanku.’ Akan tetapi katakanlah, ‘bismillah’. Jika kamu berkata demikian, dia akan mengecil hingga sekecil lalat’” (HR. Abu Dawud).

Baca Juga : Baca Doa Ini Saat Akan Naik Pesawat

Demikianlah penjelasan tentang doa naik kendaraan. Semoga informasi ini bermanfaat. Wallahu A’lam.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : infoyunik.com

Komentar