Baca Dua Ayat Terakhir Surah At Taubah, Manfaatnya Sungguh Dahsyat

Avatar of PortalMadura.com
Baca-Dua-Ayat-Terakhir-Surah-At-Taubah,-Manfaatnya-Sungguh-Dahsyat
Ilustrasi (Rezeki Barokah)

PortalMadura.Com – Sebagaimana diketahui, Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Rasulullah. Ia juga menjadi petunjuk bagi semua manusia yang beriman dan bertakwa.

Seluruh ayat dalam Alquran sebenarnya mempunyai keistimewaan atau fadilah masing-masing, termasuk dua ayat terakhir dalam . Sudah tahukah apa manfaat dalam surah tersebut?. Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (8/1/2021) dari laman Okezone.com.

Allah SWT berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang rasul dari kaum kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (keamanan dan keselamatan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka Berpaling (dari keimanan) maka katakanlah “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arasy yang agung” (QS. At Taubah: 128-129).

Abu Daud telah meriwayatkan dari Yazid ibnu Muhammad ibnu Abdur Razza ibnu Umar (salah seorang yang siqah lagi ahli ibadah), dari Mudrik ibnu Sad yang mengatakan bahwa Yazid seorang syekh yang siqah telah meriwayatkan dari Yunus ibnu Maisarah dari Ummu Darda, dari Abu Darda yang mengatakan:

“Barang siapa yang mengucapkan kalimat berikut di saat pagi dan petang hari sebanyak tujuh kali, niscaya Allah akan memberinya kecukupan dari apa yang menyusahkannya,” yaitu: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arasy yang agung.

Ibnu Asakir di dalam biografi Abdur Razzaq telah meriwayatkannya dari Umar melalui riwayat Abu Zarah Ad-Dimasyqi, dari Abdur Razzaq, dari Abu Sad Mudrik ibnu Abu Sad Al-Fazzari, dari Yunus ibnu Maisarah ibnu Hulais, dari Ummu Darda.

Dia pernah mendengar Abu Darda berkata bahwa tidak sekali-kali seorang hamba mengucapkan: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arasy yang agung. sebanyak tujuh kali —baik ia membenarkannya ataupun berdusta— melainkan Allah memberinya kecukupan dari apa yang menyusahkannya.

Berkaitan dengan dua ayat surah At Taubah, dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa Ibnu Abbas mengatakan bahwa ayat Alquran yang paling akhir penurunannya ialah firman Allah Swt: “Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang rasul dari kaum kalian sendiri” (At-Taubah: 128).

Abdullah ibnu Imam Ahmad mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Rauh, telah menceritakan kepada kami Abdul Mumin, bahwa mereka menghimpunkan Alquran di dalam mushaf-mushaf di masa pemerintahan Abu Bakar radhiyallahuanhu.

Ketika tulisan mereka sampai pada ayat surat At-Taubah ini, yaitu firman-Nya: Sesudah itu mereka pun pergi, Allah telah memalingkan hati mereka (At-Taubah: 127), hingga akhir ayat. Maka mereka menduga bahwa ayat ini merupakan ayat yang paling akhir penurunannya. Maka Ubay ibnu Kab berkata kepada mereka,

Sesungguhnya sesudah ayat ini Rasulullah membacakan dua ayat lainnya kepadaku,” yaitu firman Allah Swt.: Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang rasul dari kaum kalian sendiri. (At-Taubah: 128), hingga akhir ayat berikutnya. Demikianlah akhir tafsir Surat Bara'ah (At-Taubah).

Itulah keistimewaan dua ayat surah At Taubah, umat Muslim perlu mengamalkan selepas salat wajib, terutama setelah salat magrib dan subuh. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.