Bagaimana Jika Anak Anda Ketahuan Mencuri? Ini Cara Atasinya

Avatar of PortalMadura.Com
Bagaimana Jika Anak Anda Ketahuan Mencuri? Ini Cara Atasinya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mencuri barang milik orang lain merupakan perbuatan yang tidak baik. Jika hal itu terjadi pada buah hati Anda tentunya akan membuat Anda merasa kesal dan sedih. Menyikapi kejadian ini biasanya orang tua langsung ambil sikap dengan cara memarahi Anak dan memukulinya. Padahal, cara ini tidak selamanya dapat mengatasi masalah kenakalan anak.

Sebelum Anda bertindak demikian, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Cobalah Anda kenali beberapa hal ini yang dapat memicu anak gampang mencuri. Beberapa di antaranya, seperti : memiliki kontrol impuls yang buruk, ingin mendapat pujian atau balas dendam, ingin sesuatu tapi tidak punya uang untuk membeli, sedang tertekan atau alasan-alasan lain yang harus Anda perhatikan.

Intinya, alasan seorang itu bisa bermacam-macam dan tidak terbatas hanya pada hal di atas saja. Cara menghadapi sekaligus memberi pelajaran pada anak soal mencuri baiknya dilakukan secara baik-baik dengan bahasa tubuh yang tegas. Berilah sedikit tekanan bahwa Anda tidak akan lagi memberi keringanan jika anaknya mencuri.

Lantas, bagaimana cara yang tepat mengatasinya?. Simak berikut ini:

Beritahu Anak Bahwa Anda Merasa Kecewa
Sampaikan betapa sedih dan kecewanya Anda melihat dia mencuri. Hal ini perlu dilakukan agar anak juga bisa memahami perasaan orang lain akibat tindakan mencuri yang dilakukannya tersebut. Dengan demikian, anak Anda bisa melakukan refleksi diri untuk tidak membuat kesalahan yang sama.

Bantu Anak Mengembalikan Barang Curiannya
Ajari si kecil soal tanggung jawab dan menebus kesalahan yang telah dibuat. Bantu dia untuk mengembalikan barang curiannya. Di sini anak bisa belajar arti tanggung jawab dan mengambil pelajaran bahwa segala sesuatunya ada konsekuensinya.

Setelah anak menebus kesalahannya, ucapkan terima kasih padanya karena telah berani mengakui kesalahan dan mempertanggungjawabkan apa yang dilakukannya.

Sebagai orang tua, Anda juga perlu melakukan koreksi diri. Apakah selama ini Anda mendidiknya dengan cara yang salah? Apakah justru perlakuan Anda pada anak yang kurang baik sehingga mendorongnya untuk mencuri? Saat anak melakukan kesalahan, Anda sebagai orang tua juga ikut bertanggung jawab.

Mendidik dan mengasuh anak memang tidak mudah dan butuh pengorbanan. Tapi Anda sebagai orang tua tentunya selalu bisa belajar dari kesalahan untuk membuat segala sesuatunya jadi lebih baik lagi ke depannya. Semangat, ya Bunda. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.