Bagian Mobil Inilah yang Perawatannya Seringkali Terlupakan

Avatar of PortalMadura.Com
Bagian Mobil Inilah yang Perawatannya Seringkali Terlupakan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kendaraan merupakan sebuah kebutuhan yang sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia urban saat ini.

Hal tersebut diungkapkan Co-Founder Carmudi Indonesia, Gunnar Rentszch, Kamis (10/3/2016).

Menurutnya, mobil maupun motor menjadi penopang aktivitas sehari-hari, apalagi untuk masyarakat perkotaan yang memiliki mobilitas yang tinggi.

“Mobil adalah salah satu kendaraan yang paling diminati. Terbukti bahwa Indonesia pernah mencetak angka penjualan mobil tertinggi sepanjang sejarah. Sebanyak 103.219 unit mobil terjual pada tahun 2012,” ujarnya.

Namun, nampaknya wujud kepemilikan mobil tersebut belum diimbangi dengan pemahaman yang baik dari para pemilik serta pengendara mobil.

Hal ini termasuk mengenai bagian mana saja dalam mobil yang harus sering dicek secara rutin dan sering dilupakan pemilik mobil.

Carmudi.co.id, sebagai situs jual beli kendaraan yang memahami seluk beluk kendaraan, mendapatkan data dalam bentuk persentase mengenai kerusakan yang paling sering terjadi pada mobil.

“Fakta yang Carmudi dapatkan, 77% mobil yang beredar di dunia saat ini berada pada kondisi yang harus direparasi ataupun diservis,” terangnya.

Ia menjelaskan, kerusakan paling sering yang harus dibenahi dari mobil adalah 22% pada oli mesin dan 20% pada radiator sekaligus kipasnya serta 18% pada rem.

Fakta menarik yang diterima adalah bahwa rata-rata mobil di dunia memiliki bagian yang harus diganti karena masa pakainya telah berakhir namun masih tetap dibiarkan oleh pengendaranya.

“10 persen pemilik mobil tidak mengganti ban mobilnya tepat waktu setelah masa pakai ban tersebut habis, begitupun dengan lampu depan mobil yang seringkali terlupakan untuk diganti oleh 13% pemilik mobil,” tandasnya.

Selain itu, hal yang paling sering dilupakan adalah karet dari wiper kaca depan mobil, 14% pemilik mobil malas menggantinya secara rutin.

“Padahal, jika tidak diganti, karet wiper tersebut akan mengeras dan tidak optimal dalam membersihkan kaca mobil atau bahkan dapat menimbulkan goresan di kaca mobil itu sendiri,” terangnya.

Hal yang menarik, 40% pemilik mobil memilih untuk mencoba membenahi kerusakan mobil secara mandiri terlebih dahulu sebelum mencoba mengendarainya.

Beberapa hal yang sering pula terlupakan oleh pemilik mobil adalah 10%  pengendara lupa mengganti selang baru dan 19% nya lalai mengganti filter udara.

Apabila dilihat dari kecenderungan melakukan servis, 73% pemilik mobil memilih kembali ke bengkel terakhir yang dipilih untuk mereparasi mobilnya kembali.

Data ini menarik, karena mayoritas pemilik mobil ternyata cukup merasa puas dengan pelayanan bengkel yang sebelumnya mereka kunjungi sehingga memutuskan untuk datang kembali.

“Penting untuk masyarakat untuk dapat mengerti seluk beluk mobil lebih dari sekedar menggunakannya,” ungkapnya.

Carmudi.co.id sebagai situs jual beli kendaraan terdepan di Indonesia mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan perawatan kendaraan mereka demi keselamatan berkendara bersama. (rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.