Bahaya Konsumsi Mi Instan Campur Nasi

Avatar of PortalMadura.com
Bahaya Konsumsi Mi Instan Campur Nasi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas masyarakat Indonesia punya anggapan bahwa mereka tidak akan merasakan kenyang jika belum makan nasi. Tidak heran, jika separuh dari penghuni negeri ini lebih suka mencampur segala macam makanan dengan nasi. Salah satunya mengonsumsi mi instan yang dicampur nasi.

Setiap 100 gram nasi putih (dua centong) mengandung 242 kalori, 53,2 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak, 4,4 gram protein, dan 0,6 gram serat. Selain itu, nasi putih juga mengandung nutrisi penting bagi tubuh, yakni sodium, kalium, dan gula. Namun, nasi putih tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol, seperti yang dikutip Okezone.com dari Very Well Fit.

Lalu, bagaimana jika nasi dicampur dengan mi instan?. Perlu Anda ketahui terlebih dahulu kandungan gizi mi instan, dikutip dari Health Line, sebungkus mi instan mengandung 188 kalori, 27 gram karbohidrat, 7 gram lemak, 3 gram lemak jenuh, 4 gram protein, 0,9 gram serat, dan 861 miligram sodium. Jadi, mengonsumsi nasi bersama mi instan jelas membuat perut terasa kenyang.

Baca Juga: 3 Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Mi Instan

Adapun dampaknya, mengonsumsi mi instan dan nasi bersamaan secara terus-menerus bisa meningkatkan tumpukan kalori dalam tubuh. Dikutip dari The Bump, kelebihan kalori itu menyebabkan diabetes, obesitas, hipertensi, dan aterosklerosis (penumpukan lemak dan kolesterol dalam tubuh).

Maka dari itu, tidak dianjurkan makan nasi dan mi instan bersamaan. Sebaiknya, Anda mengonsumsi buah-buahan yang sehat dan kaya akan vitamin. Khususnya bagi masyarakat Indonesia. Sebab, berdasarkan hasil penelitian World Instan Noodles Association (WINA) pada 2017, konsumsi mi instan masyarakat Indonesia sebesar 12,62 miliar per tahun.

Tingkat konsumsi mi instan orang Indonesia ini tertinggi nomor dua di dunia. Hal ini menjadikan mi instan jadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.