oleh

Balita Usia 28 Hari Terkonfirmasi Covid-19 di Pamekasan Sudah Bisa Minum Susu

PortalMadura.Com, Pamekasan – Balita berusia 28 hari yang terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sampai saat ini masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 RSUD Smart Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat mengungkapkan, saat masuk rumah sakit balita tersebut berusia 28 hari, tetapi saat ini balita asal Kecamatan Tlanakan tersebut sudah berusia sekitar 40 hari.

“Masih di sini (dirawat di RSUD, red), kemarin diambil lagi swab kedua, ternyata masih positif. Tapi, pasiennya sudah enak, bisa minum susu,” katanya, Rabu (17/6/2020).

Dikatakan, awalnya satu-satunya balita terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut menggunakan alat bantu selang melalui mulut agar asupan gizi masuk ke tubuhnya, seperti meminum susu dan lain-lain. Namun, kesehatan pasiennya saat ini sudah ada perkembangan.

“Yang nangani dokter anak bersama tim Covid-19. Selama ini (pasien Covid-19, red) yang balita tidak ada, kalau tergolong pasien anak ada, berusia 10 tahun, kemudian usia 12 tahun. Kalau usia 15 tahun ke bawah itu kan masuk kategori anak,” tandasnya.

Baca Juga: Antisipasi Harga Anjlok, Sumenep Butuh Klaster Hortikultura

Dia berharap, wabah Covid-19 segera berakhir agar bisa beraktifitas sebagaimana biasanya. Tentu, harus didukung oleh pola hidup masyarakat dengan mengikuti protokol kesehatan. Seperti memakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak dan menjauhi kerumunan.(*)

Penulis: Marzukiy
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar