oleh

Bangkalan Kasus Positif Covid-19 Tertinggi di Madura

PortalMadura.Com, Bangkalan – Berdasarkan data yang dihimpun PortalMadura.Com, per 23 April 2020 pukul 14.20 WIB, Kabupaten Bangkalan menjadi wilayah dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tertinggi di Pulau Madura.

Tercatat total ada 6 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan (mengungguli Kabupaten Pamekasan dengan 5 pasien). Sementara Kabupaten Sampang dan Kabupaten Sumenep belum ditemukan pasien terkonfirmasi positif alias masih zona hijau.

Enam pasien yang terdata itu tersebar di 4 kecamatan, yaitu satu orang (pasien pertama) dari Kecamatan Blega, dua orang (pasien kedua dan ketiga) dari Kecamatan Klampis, satu orang (pasien keempat) dari Kecamatan Kota Bangkalan, dan dua orang (pasien kelima dan keenam) dari Kecamatan Kamal.

Ditinjau secara kronologis, pasien pertama asal Kecamatan Blega diketahui baru pulang kampung dari DKI Jakarta. Pasien pertama terkonfirmasi positif Covid berdasarkan hasil swab PCR (Polymerase Chain Reaction) di Balitbangkes, Jakarta. Pasien pertama ini telah dinyatakan sembuh dari Covid-19, namun telah meninggal dunia akibat penyakit lainnya, yakni kelainan darah.

Pasien kedua dan ketiga berasal dari Kecamatan Klampis, diketahui adalah pasangan dokter yang dinyatakan positif Covid-19 setelah proses tracing dan uji swab yang dilakukan di lingkungan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Sementara itu, pasien keempat asal Kecamatan Kota Bangkalan, diketahui bekerja di Surabaya yang setiap harinya pulang-pergi (PP) Bangkalan-Surabaya dan dinyatakan positif berdasarkan data dari Pemprov Jawa Timur.

Pasien kelima, warga Kecamatan Kamal, diketahui baru pulang dari pelayaran dan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan laporan dari Pemprov Jawa Timur.

Sedangkan pasien keenam, warga asal Kecamatan Kamal diketahui juga berasal dari laporan Pemprov Jawa Timur, karena pasien berobat mandiri di salah satu Rumah Sakit di Kota Surabaya.

Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 RSUD Syamrabu, dr. Catur Budi menyatakan, kondisi para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sudah semakin baik. “Semuanya (pasien) terus membaik,” katanya singkat.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar