Kisah Inspiratif Husen, Alumni Kartu Prakerja yang Sukses Dapat Kerja

Avatar of hartono
Kisah Inspiratif Husen, Alumni Kartu Prakerja yang Sukses Dapat Kerja
Muhamad Husen Udin, alumni Prakerja melalui Edtech Cakap, yang kini sudah mendapat pekerjaan (Sumber : Cakap)

PortalMadura.Com – Data Badan Pusat Statistik pada kuartal ketiga 2023 menunjukkan penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) menjadi 5,32% dari 5,86% pada tahun sebelumnya, menandakan perbaikan kondisi pasar kerja pasca-pandemi. Meskipun demikian, tantangan mencari pekerjaan masih kerap dihadapi, terutama oleh para lulusan baru (Jakarta, 20 Maret 2024).

Muhamad Husen Udin, seorang pemuda 20 tahun dari Yogyakarta, merasakan getirnya mencari pekerjaan setelah lulus SMA. kesempatan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, Husen sempat merasa putus asa. Namun, keputusannya untuk bergabung dengan Program Kartu Prakerja dan mengikuti kursus Akuntansi dan Pengelolaan Keuangan melalui platform edtech Cakap, membuka jalan baru bagi dirinya. Kursus tersebut tidak hanya meningkatkan kemampuannya dalam berhitung dan berkomunikasi tetapi juga membuka peluang pekerjaan yang lebih baik.

Setelah enam bulan berdedikasi pada pelatihan, Husen merasa lebih percaya diri untuk kembali mencari pekerjaan dan akhirnya berhasil diterima di sebuah perusahaan ritel sebagai crew store. Bagi Husen, ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan karir yang lebih menjanjikan.

Diluncurkan saat Pandemi Covid-19 sebagai solusi untuk membantu angkatan kerja yang terdampak, hingga saat ini Program Kartu Prakerja sudah memberi banyak bagi masyarakat, termasuk Husen.

Dikutip dari situs Program Kartu Prakerja, sejak diluncurkan pada tahun 2020 hingga saat ini, Prakerja telah memberikan manfaat bagi setidaknya 17,5 juta masyarakat di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Hingga tahun 2023, Prakerja sudah menyediakan 1.216 pelatihan, serta berkolaborasi dengan 245 Lembaga Pelatihan, salah satunya termasuk edtech Cakap.

“Sebagai alumni Prakerja, saya merasa bahwa pelatihan ini bukan cuma membantu saya dapat pekerjaan, tetapi juga rasa PD (percaya diri) saya jadi meningkat. Saya juga jadi faham bagaimana sudut pandang sebuah perusahaan dalam menggaji karyawannya,” tutup Husen.

About Cakap
Cakap adalah perusahaan EdTech Indonesia yang mengembangkan platform pembelajaran upskill. Cakap menghubungkan dengan guru profesional dan pakar industri melalui berbagai metode pembelajaran. Cakap menyediakan interaksi pembelajaran arah untuk keterampilan belajar guna meningkatkan kehidupan masyarakat. Tersedia di Play dan App Store untuk menjangkau segmen pengguna yang beragam. Cakap percaya setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Cakap memberikan solusi pendidikan dengan kurikulum pembelajaran berstandar internasional untuk memberikan pengalaman belajar online terbaik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.