Batalkah Bila Seharian Tidur saat Puasa? Ini Jawabannya

Avatar of PortalMadura.com
tidur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat menjalankan ibadah , biasanya perubahan pada tubuh kita akan terjadi secara jelas. Entah itu cepat lelah, daya tahan tubuh berkurang, cepat marah, sering mengurung diri dan seharian penuh untuk menahan rasa lapar dan haus. Lalu apakah dalam Islam membenarkan tindakan demikian? Mari kita bahas.

Banyak tidur saat berpuasa tidaklah membatalkan puasa. Bahkan jika seseorang yang berpuasa itu tidur sepanjang harinya pun puasanya tetap sah. Imam Nawawi di dalam kitab “Raudhatut Thalibin Wa ‘Umdatul Muftiin” menjelaskan

“Jika seseorang itu tidur sepanjang siang, maka puasanya sah menurut pendapat shahih yang diketahui.”

Imam Ibnu Qudamah pun menjelaskan di dalam kitab “Al-Mughni”

“Tidur itu tidak berpengaruh terhadap puasa, baik tidurnya di sepanjang siang atau sebagiannya. Namun, sejumlah ulama Malikiyyah mengategorikan banyak tidur di siangnya bulan Ramadan termasuk hal-hal yang dimakruhkan. Di antaranya adalah imam Al-Hithab dalam kitabnya Mawahib Al-Jalil Fi Syarh Mukhtashar Khalil.”

Far': Di antara yang dimakruhkan (puasa) banyak tidur di siang hari. Sebagaimana dinuqil oleh Al-Qadhi Iyadh dan Ibnu Juzai.

Jadi, banyak tidur saat berpuasa itu tidak dapat membatalkan puasa. Hanya saja ia telah meninggalkan banyak keutamaan-keutamaan yang seharusnya dapat ia raih ketika berpuasa, seperti membaca ayat suci Alquran, berdzikir, dan melakukan amal-amal shalih lainnya. Karena pahala puasa seseorang itu juga tergantung dengan bagaimana jerih payahnya saat ia melaksanakan puasa. Sayyidah Aisyah r.a. pernah meriwayatkan hadis dari Rasulullah SAW, beliau bersabda,

“Sungguh bagimu pahala yang sesuai dengan kadar kepayahanmu dan nafkahmu.” (H.R. Al-Hakim)

Dan hal yang perlu diperhatikan pula bagi seorang yang banyak tidur saat berpuasa hendaknya bangun untuk melaksanakan salat Zuhur dan Ashar, jangan sampai terlena dengan tidurnya hingga melalaikan kewajiban lainnya.

Nah, itulah penjelasan tentang apakah banyak tidur di bulan puasa akan membuat puasa batal atau tidak. Jawabannya, tidak. Namun, kalian secara tidak langsung telah membuang kesempatan untuk beribadah di bulan Ramadan. Contohnya, berdzikir, istighfar, dan ibadah yang lain sebagainya. Semoga bermanfaat, Wallahu a'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.