Begini 3 Cara Jitu Menidurkan Bayi Tanpa Perlu Menangis di Tengah Malam

Begini 3 Cara Jitu Menidurkan Bayi Tanpa Perlu Menangis di Tengah Malam
Ilustrasi (Grid.ID)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Pada umumnya seorang bayi belum memiliki jadwal tidur yang baik. Maksudnya, ia cenderung lebih lama tidur di kala siang hari. Sedangkan saat malam ia sering terbangun dan menangis sebagai tanda Anda atau pasangan untuk menidurkannya kembali.

Nah, bagaimana cara Anda menidurkannya selama ini?. Biasanya, sebagian orang tua membiarkan si kecil menangis meraung-raung sampai ia merasa kelelahan dan tertidur pulas dengan sendirinya. Hal ini dipercaya untuk melatih anak menenangkan dirinya sendiri.

Walaupun begitu, ada cara lain yang terbukti lebih efektif dan aman buat bayi, yaitu lewat no tears method. Seperti apa sih metode ini?.

Membiarkan Bayi Menangis Sampai Tertidur Itu Tidak Baik
Membiarkan bayi menangis sendiri sampai akhirnya tertidur kembali tanpa “intervensi” orang tua sampai sekarang masih menjadi kontroversi di dunia kesehatan anak. Cara menidurkan bayi yang dikenal dengan nama metode “cry it out” ini menimbulkan banyak pertentangan dari berbagai pihak.

Dilansir dari Baby Center, William Sears, dokter anak sekaligus psikolog menuliskan dampak negatif dari metode cry it out dalam bukunya yang berjudul The No-Cry Sleep Solution: Gentle Ways to Help Your Baby Sleep Through the Night. Menurutnya, cara menidurkan bayi seperti ini mungkin akan menimbulkan trauma psikologis pada anak nantinya. Terlebih, bayi di usia awal kehidupannya memang masih butuh menyusu malam-malam.

Baca Juga: Bayi Anda Susah Tidur Nyenyak? 7 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Kritik lainnya mengatakan membiarkan bayi menangis sendirian di tengah malam hingga tertekan dapat menyebabkan masalah pencernaan atau bahkan kerusakan sinapsis di otak.

Cara Menidurkan Bayi yang Baik Lewat No Tears Method
Ketimbang “cry it out”, Sears merekomendasikan cara menidurkan bayi lewat no tears method yang menurutnya terbukti lebih aman.

Metode ini dilakukan dengan menjalin kedekatan fisik antara bayi dengan orang tua serta memberikan apa yang ia butuhkan, termasuk keberadaan Anda. Metode ini diyakini mampu membuat bayi merasa aman dan nyaman sehingga dapat kembali tidur dengan tenang.

Baca Juga: Begini Cara Mudah dan Sederhana Bikin Balita Cepat Tidur

Bagi Anda yang ingin menerapkan no tears method untuk menidurkan bayi ketika ia menangis tengah malam, ikuti tipsnya di bawah ini:

Buat Jadwal Tidur Jadi Lebih Teratur
Membuat jadwal tidur bayi dapat membantu Anda mengatur dan membiasakan bayi tidur di waktu-waktu tertentu. Ajak si kecil untuk keluar berjalan-jalan di pagi hari menikmati sinar matahari. Menjemur bayi di pagi hari dapat mengatur jam biologis tubuh jadi lebih baik dan normal.

Tentukan Rutinitas Sebelum Tidur
Supaya bayi terbiasa dengan jam tidurnya yang baru, Anda perlu membiasakan suatu hal. Misalnya, mandi dan memberikan pijatan lembut, menyanyikan lagu pengantar tidur, atau menggendongnya di tempat yang tenang dan cukup. Perasaan tenang tersebut bisa membuat bayi lebih mudah tidur dan tidur lebih lelap.

Tenangkan Bayi Saat Ia Terbangun
Untuk membuatnya kembali tertidur, Anda butuh “senjata” seperti tepukan lembut, pelukan, gendongan sambil menggoyangkan tubuh bayi, dan iringi dengan suara penghantar tidur yang sederhana, seperti “ssshhhh” yang bisa menenangkan bayi.

Kemudian, pastikan bahwa ia tidak kegerahan dan bantal yang digunakan posisinya sudah benar. Intinya, lakukan hal apa pun yang bisa membuat bayi semakin nyaman supaya dapat tidur kembali. Jangan beranjak pergi hingga ia benar-benar terlelap. (hellosehat.com/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.