Begini 4 Cara Jitu Redakan Gatal Karena Gigitan Nyamuk

Avatar of PortalMadura.com
Begini 4 Cara Jitu Redakan Gatal Karena Gigitan Nyamuk
ilustrasi

PortalMadura.Com – Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang paling menyebalkan. Bukan hanya karena gigitannya yang bikin bentol, namun suara dengungnya tentu sangat mengganggu. Bahkan, beberapa nyamuk bisa menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Untuk itulah, Anda harus menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam dan luar rumah untuk meminimalisasi jumlah nyamuk. Nah, jika Anda merasa karena digigit nyamuk, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankannya.

Berikut ini empat cara meredakan gatal akibat :

Menempelkan Benda Dingin
Anda bisa menggunakan benda-benda dingin seperti es batu untuk ditempelkan ke kulit yang gatal. Hal ini bisa memberikan bantuan sementara dalam mengatasi gigitan nyamuk.

Meskipun begitu, cara ini tidak bisa ‘mengusir' protein air liur dari nyamuk. Paling tidak, hal tersebut bisa menenangkan gatal di kulit untuk sementara.

Baking Soda
Oleskan baking soda (disiapkan dengan mencampurnya bersama sedikit air) di area gigitan untuk meringankan rasa gatal. Jika kulit yang gatal meluas, tambahkan sedikit baking soda ke air mandi Anda.

Alkohol
Belilah tisu beralkohol di apotek terdekat dan gosokkan pada area yang digigit nyamuk. Cara ini bisa membunuh protein nyamuk yang ditinggalkan di kulit.

Menggunakan Krim Anti-inflamasi
Memakai krim anti-inflamasi akan mencegah gatal dengan menjaga rasa panas yang diinduksi gigitan tetap rendah. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.