oleh

Begini 5 Cara Bantu Anak Mengatasi Penolakan

PortalMadura.Com – Pada hakikatnya, penolakan tidak bisa dihindari dalam hidup seseorang. Suka atau tidak suka, suatu saat akan mengalami penolakan tersebut. Namun bagaimanapun juga, jangan pernah membiarkan penolakan menghancurkan kehidupan.

Bagi seseorang yang sudah terbilang dewasa, mungkin umumnya sudah tahu bagaimana cara mengatasi berbagai penolakan tersebut. Tapi bagaimana jika hal itu dialami anak Anda?.

Karena, bukan tidak mungkin anak mengalami sebuah penolakan dalam lingkungannya. Apalagi ia masih bingung dengan sikap yang harus diambil. Tentunya, perlu peran Anda dalam mengatasinya.

Tapi Anda jangan khawatir, dilansir PortalMadura.Com, Jumat (15/11/2019) dari Fimela.com yang dikutip dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa cara membantu anak menghadapi penolakan:

Jangan Dihindari

Bagaimanapun juga, penolakan itu jangan dihindari. Apalagi berpura-pura penolakan anak tidak pernah terjadi, justru itu akan disalahartikan sebagai situasi sosial di mana ada pihak yang pilih kasih terhadap mereka. Dengan kata lain, menghindari penolakan hanya akan memperbesar perasaan keterasingan.

Jadi, duduklah dengan anak dan validasi rasa sakitnya, karena semakin baik mereka bisa merasakannya, semakin mereka dapat mentoleransi perasaan tidak nyaman tersebut. Anak akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menangani perasaan tersebut di waktu berikutnya.

Meninggalkan Masa Lalumu

Usahakan untuk tidak menyangkutpautkan masa lalu Anda dengan anak, karena itu bisa saja berbeda. Sebab, bukan tidak mungkin saat melihat anak ditolak bisa membuka masa lalu Anda sendiri sebagai orang tua.

Loading...

Jadi, cobalah fokus pada pengalaman anak, karena pasti akan berbeda dari pengalaman Anda, jangan membuat semua adalah tentang Anda.

Membantu Anak Bangkit

Banyak orang bilang bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Jadi, tekankan pada anak tentang pentingnya bangkit dari kegagalan. Katakan pada anak bahwa kegagalan adalah bagian dari pertumbuhan.

Baca Juga : 3 Cara Ajari Anak Berlapang Dada Terima Kekalahan

Segala penolakan yang terjadi padanya akan mengajarkan anak tentang ketekunan dan cara menjadi tangguh atau lebih baik lagi.

Melatih Ketekunan Anak

Seringkali penolakan akan membuat anak berhenti untuk tekun melakukan hal-hal yang sebenarnya mereka sukai. Saat itu mulai terjadi padanya, ingatkan anak bahwa ketekunan akan menghasilkan keterampilan untuk mengatasi masalah dan kemauan untuk terus berusaha.

Jangan Melindungi Anak dari Penolakan

Tidak bisa dipungkiri jika sebagian orang tua tidak menginginkan penolakan dialami oleh anaknya. Sehingga, mereka melindungi anaknya dari berbagai penolakan itu.

Padahal, perlu Anda ketahui, berusaha melindungi anak dari penolakan justru akan menghambat kemampuan mereka untuk mengembangkan rasa tanggung jawabnya. Jadi, biarkan mereka mencoba menyelesaikan masalah mereka sendiri.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar