Begini 5 Cara Mengatasi Tubuh yang Kebanyakan Garam

Avatar of PortalMadura.com
Begini 5 Cara Mengatasi Tubuh yang Kebanyakan Garam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu bumbu dapur ini bisa menyebabkan munculnya sejumlah makanan dengan kandungan tertentu yang sangat tinggi adalah garam. Garam memiliki kandungan makanan yang rentan Anda konsumsi secara berlebihan.

Seperti hal nya makanan cepat saji yang rentan akan tinggi kandungan garamnya. Bahkan, kandungan tinggi garam bisa Anda dapat dari berbagai makanan yang kita peroleh sehari-hari. Konsumsi makanan tinggi garam ini rentan membuat Anda merasa kembung.

Seperti yang dilansir PortalMadura.Com dikutip dari merdeka.com, hal ini terjadi karena tingginya kandungan natrium dalam tubuh yang berasal dari penumpukan cairan. Hal itu akan meningkatkan volume darah dan berakibat pada hati yang bekerja lebih keras.

Terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tubuhmu yang kebanyakan garam. Berikut ini sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tubuhmu yang kebanyakan garam.

Baca Juga: Sumenep Tunjukkan Kreasi Literasi dalam Pameran Inovasi Pendidikan

Minum Banyak Air
Minum air bisa menjadi cara untuk membantu mengeluarkan garam berlebih yang masuk ke dalam tubuh. Ketika banyak minum, maka akan banyak juga air yang keluar dari tubuh dan membawa serta kelebihan garam yang ada.

Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak sodium, maka Anda bisa mengalami dehidrasi. Dengan mengonsumsi air dalam jumlah banyak, maka cara ini bisa membantu mengatasi masalah yang Anda alami.

Konsumsi Makanan Kaya Kalium
Konsumsi garam menyebabkan tubuh kita menyimpan air secara berlebih. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi kalium yang terdapat pada pisang, wortel, bayam, atau kismis. Karena kalium membantu menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

Kengonsumsi Makanan Diuretik Alami
Konsumsi makanan dan minuman yang bertindak sebagai diuretik alami akan membantu tubuh mendorong pengurangan kandungan garam berlebih dan air. Diuretik adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kondisi, sifat atau penyebab naiknya laju urinasi. Untuk memperoleh manfaat ini Anda bisa mengonsumsi kubis dan jus cranberry.

Angkat Kaki
Kaki merupakan tempat yang mungkin mengalami pembengkakkan usai munculnya rasa tak nyaman di perut akibat garam. Hal ini bisa menyebabkan kaki dan pergelangan menjadi bengkak.

Cara mengatasinya Anda bisa mengangkat kaki dalam posisi yang lebih tinggi. Topang kaki Anda dengan bantal selama 30 menit selama tiga atau empat kali sehari untuk mengurangi pembengkakan.

Makanan Kaya Vitamin B dan D
Makan makanan yang kaya dengan vitamin B-6, B-5, dan D serta kalsium dapat mengurangi kembung pada kasus ringan retensi air. Beras merah dan daging merah adalah makanan yang banyak mengandung vitamin B-5.

Susu rendah lemak adalah kandungan terbaik untuk vitamin B-6 dan D, serta kalsium. Konsumsi makanan yang mengandung garam memang penting untuk keseimbangan kesehatan dalam tubuh. Namun, mengonsumsinya terlalu banyak setiap hari justru bisa membuat tubuhmu mengalami masalah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.