Begini 6 Cara Jitu Atasi Payudara Sakit Saat PMS

Avatar of PortalMadura.com
Begini 6 Cara Jitu Atasi Payudara Sakit Saat PMS
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika PMS, berbagai permasalahan kerap kali muncul pada diri kita yakni mulai dari sakit perut, mood yang tidak menentu hingga payudara yang terasa sakit dan kencang. Hal tersebut memang tidak membahayakan. Namun, Anda pasti tidak nyaman beraktivitas jika payudara sakit saat PMS atau sebelum menstruasi bukan?

Sebenarnya, penyebab payudara sakit menjelang menstruasi belum diketahui secara pasti. Sebuah studi menjelaskan bahwa kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh siklus menstruasi.

Namun kini Anda tak perlu khawatir lagi, berikut beberapa cara yang bisa bantu mengatasi payudara Anda yang sakit saat PMS.

Gunakan Bra yang Sesuai Ukuran
Tak hanya sakit, payudara juga membengkak saat PMS tiba. Nah, agar tidak semakin sakit, Anda harus menyesuaikan ukuran bra.

Jangan menggunakan ukuran bra yang terlalu kecil, hal ini akan membuat payudara semakin tertekan dan terasa sesak. Justru saat seperti ini, Anda bisa menggunakan bra yang satu ukuran lebih besar daripada biasanya, agar payudara tidak begitu sakit saat PMS tiba.

Baca Juga : Ladies, Ini 5 Alasan Payudara Terasa Sakit yang Perlu Anda Tahu

Pola Makan yang Sehat
Mulailah untuk menyusun daftar menu yang sehat untuk Anda. Asupan gizi makanan dan minuman ternyata juga memengaruhi rasa sakit pada payudara Anda.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan makanan berlemak setidaknya satu sampai dua minggu sebelum haid. Bila berhasil menggunakan cara ini, kemungkinan besar dapat mengatasi payudara Anda yang sakit.

Menambah Asupan Vitamin
Faktanya, beberapa jenis vitamin ternyata bisa membantu mengatasi payudara yang sakit, khususnya ketika sebelum haid. Beberapa ahli menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin E dan magnesium.

Dengan kadar yang tepat, yaitu 400 mg magnesium, bisa mengurangi berbagai gejala PMS, terutama nyeri pada payudara.  Pilihlah beberapa jenis makanan yang mengandung kedua nutrisi tersebut, seperti kacang, bayam, wortel, pisang, jagung dan zaitun, beras merah, alpukat.

Apabila Anda sudah mengunjungi dokter sebelumnya, cobalah tanyakan suplemen apa yang bisa mengurangi rasa nyeri tersebut.

Kompres dengan Es Batu
Selain konsumsi makanan yang tepat dan penggunaan bra, tentu saja mengompres payudara yang nyeri bisa mengurangi rasa tersebut. Cobalah mengompres dengan es batu yang sudah dimasukkan ke kain atau bantal pemanas. Keduanya dipercaya dapat mengatasi payudara yang sakit.

Selain itu, cara ini juga bisa Anda lakukan ketika muncul gejala perut kembung menjelang dan saat menstruasi.

Olahraga
Sebuah riset menjelaskan bahwa gerakan aerobik bisa mengurangi gejala nyeri sebelum haid, termasuk pada payudara. Mulai dari jalan cepat, lari, bersepeda, hingga berenang dipercaya bisa meningkatkan hormon endorfin.

Hormon tersebut mampu mengatasi rasa nyeri ketika Anda mengalami gejala pra menstruasi. Tidak hanya itu, yoga juga bisa membantu mengurangi stres dan hal ini sangat penting untuk mengatasi payudara Anda yang sakit. Akan tetapi, disarankan untuk tidak berlebihan karena otot Anda kemungkinan sedang mengalami pergeseran ketika masa menstruasi.

Obat-obatan
Apabila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi payudara Anda yang sakit, dokter Anda mungkin akan menyarankan untuk mengonsumsi obat-obatan seperti Acetaminophen, ibuprofen, naproxen sodium.

Bila cara-cara di atas tetap saja tidak dapat mengatasi payudara Anda yang sakit, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui apa penyebab pastinya dan bagaimana cara mengobatinya. Setidaknya, mengurangi rasa sakit yang terus menghantui setiap menstruasi akan datang. Semoga Bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.