Ladies, Ini 5 Alasan Payudara Terasa Sakit yang Perlu Anda Tahu

Avatar of PortalMadura.Com
Ladies, Ini 5 Alasan Payudara Terasa Sakit yang Perlu Anda Tahu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi wanita, payudara merupakan salah satu organ tubuh yang bisa menambah rasa percaya diri. Terlepas dari bentuk dan seberapa besar ukurannya. Oleh karena itu, sebagian besar wanita melakukan berbagai perawatan di area payudara.

Merawat payudara selain untuk menunjang penampilan juga bagi kesehatan. Ada kalanya para wanita mengalami rasa sakit di area payudara dan banyak yang tidak mengetahui apa alasannya. Nah, ternyata ini beberapa alasannya:

Menstruasi
Ini merupakan alasan paling umum yang dirasakan banyak wanita karena perubahan hormon sebelum, selama hingga selesai menstruasi, khususnya karena kadar hormon estrogen yang menurun.

Meningkatkan Intensitas Olahraga
Ketika Anda melakukan olahraga lebih keras, misalnya push-up, otot di sekitar payudara bisa merasakan efeknya. Bukan otot payudara secara spesifik, namun otot dada yang mengalami stretch terlalu lama. Anda bisa mengurangi latihan agar tidak sakit.

Bra yang Salah
Memakai bra sebaiknya yang ukurannya pas dan tidak terlalu sesak. Memakai ukuran bra yang salah bisa menyebabkan payudara sakit atau nyeri, apalagi ketika ukuran payudara cukup besar.

Payudara Sedang Bengkak atau Ada Benjolan
Terkadang payudara bisa tampak lebih besar dan keras karena bengkak karena jaringan payudara fibrocystic. Benjolan pada payudara ini bisa jadi tanda adanya masalah pada payudara. Dikatakan Diane Young, M.D., benjolan itu bisa jadi kista jinak atau kantung cairan di dalam payudara. Benjolan ini mungkin tidak meningkatkan risiko kanker payudara, namun bisa membesar dan menyakitkan.

Sensitif Terhadap Kopi
Ada beberapa wanita yang sensitif terhadap kopi dan salah satu efeknya yaitu payudara terasa sakit. Jika payudara memiliki jaringan fibrocystic atau kista, payudara bisa terasa sakit karena efek kopi. Diane Young menjelaskan, payudara punya saluran kecil yang terkadang bisa membengkak karena stimulan dari kafein atau cokelat sehingga payudara terasa lebih keras dan sakit.

Jadi, kini Anda sudah tahu kan alasan mengapa payudara Anda terasa sakit? Selama itu bukan tanda kesehatan yang perlu diwaspadai, Anda tidak perlu khawatir ladies. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.