Begini Cara Agar Lokasi Anda Tak Dilacak Oleh Facebook

Avatar of PortalMadura.com
Tips Agar Lokasi Kita Tak Dilacak Oleh Facebook
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seperti yang diketahui, media sosial merupakan media online (daring) yang digunakan pengguna untuk saling berkomunikasi di Internet. Pada umumnya mereka menggunakan data pengguna yang dikumpulkan untuk kepentingan pengiklan. Dengan demikian, para pengiklan bisa menyasar audiens yang sesuai target dengan sangat mudah.

merupakan salah satu media sosial yang menggunakan data pengguna tersebut seperti usia, jenis kelamin, minat, lokasi, dan sebagainya . Nah bagi Anda yang ingin Facebook berhenti “mengikuti” untuk mendapat data lokasi keberadaan Anda, berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghentikannya.

iOS
Bagi pengguna iOS, Anda dapat mematikan langsung fungsi pelacak lokasi ini pada aplikasi Facebook milik Anda. Caranya pertama-tama buka aplikasi Facebook yang terinstal dalam perangkat iOS Anda.

Kemudian masuk ke menu “setting and privacy” dan pilih “setting“. Gulirkan ke bawah sampai Anda menemukan pilihan “Privacy“.

Pada pilihan itu, kemudian sentuh opsi “location option” dan Anda akan mendapati tiga pilihan.

Anda bisa memilih “Only While Using the App” untuk mengizinkan aplikasi melacak lokasi Anda hanya saat aplikasi tersebut digunakan. Kemudian untuk mematikan sepenuhnya, Anda bisa memilih “Dont Allow“.

Selain itu, Anda juga bisa mematikan pilihan “location history” agar aplikasi tidak menyimpan data mengenai tempat-tempat yang pernah Anda datangi sebelumnya.

Baca Juga : Mendaftar Hari ini, Calon Jemaah Haji Harus Sabar Menunggu Selama 24 Tahun

Android
Untuk pengguna Android, Anda juga bisa mematikan fitur lokasi ini melalui aplikasi Facebook secara langsung. Sama seperti iOS, pilih menu “Settings and privacy” dan kemudian pilih opsi “settings“.

Kemudian gulirkan ke bawah dan pada menu “privacy“, pilih opsi “location“. Pada bagian ini cari pilihan “location services” untuk menyalakan atau mematikan fungsi pelacak lokasi tersebut.

Pada menu tersebut ada pula pilihan “background location” di mana jika menu ini aktif, maka Facebook akan tetap dapat melacak lokasi pengguna meski saat aplikasi dalam keadaan tak digunakan.

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk menghentikan Facebook melacak lokasi Anda. Semoga bermanfaat

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.