oleh

Begini Cara Atasi Ibu Milenial yang Galau Masalah Keuangan

PortalMadura.Com – Menjadi seorang ibu tidak lantas hanya mengurusi anak tapi semuanya termasuk keuangan keluarga. Hal ini yang biasanya membuat seorang ibu mengalami stres.

Tuntutan kebutuhan setiap bulan harus benar-benar dilakukan secara detail oleh seorang ibu agar roda perekonomian bisa berjalan lancar. Dan tentu saja itu hasil dari kerja sama dengan suami.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (10/12/2019) dari laman okezone.com yang dirangkum dari Prita Ghozie, financial planner profesional. Berikut ini penjelasannya:

“Pertama, komunikasi dengan pasangan soal kebutuhan dan keinginan Anda. Setelah itu, harus disepakati nih di antara istri dan suami siapa yang jadi manajer keuangan rumah tangga. Tidak musti perempuan loh, kebanyakan kan kayak harus istri. Padahal semestinya yang lebih jago dan lebih paham,” ujar Prita saat ditemui di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Setelah itu, cobalah untuk menyusun anggaran. Sebelum dan saat menyusun anggaran keuangan keluarga, Prita mengingatkan ibu-ibu milenial harus fokus dengan tujuan finansial keluarga sendiri. Bukan keluarga orang lain, yang linimasa kehidupannya kerap dilihat di sosial media.

“Setelah fokus dan ada tujuan finansial, baru deh bikin anggaran sesuai penghasilan. Beda penghasilan ya beda cara kelola finansialnya. Selain terbuka dan jujur, pasangan suami-istri juga harus disiplin terhadap anggaran yang sudah dibuat,” tambahnya.

Baca Juga: Unik, Bocah Laki-laki Bernama Nahdlatul Ulama Viral di Sampang

Selain dengan cara-cara yang dipaparkan di atas, dalam mengatasi galau finansial ibu-ibu milenial juga bisa mencoba untuk mencoba informasi Iewat komunitas di internet atau sosial media loh!

“Tukar pikiran dengan ibu-ibu lain dalam komunitas, membantu ibu lebih cerdas dapat informasi mengenai apa saja yang wajib dimiliki atau ditunda sehingga memudahkan dalam mengatur keuangan. Tidak kalah penting juga, selesaikan hutang konsumtif dan miliki tujuan investasi yang jelas,” pungkas Prita.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE