Begini Cara Hapus Rasa Trauma Pada Anak Korban Bencana

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara Hapus Rasa Trauma Pada Anak Korban Bencana
Ilustrasi (Tirto)

PortalMadura.Com – Mengalami kejadian yang memilukan seperti terjadinya tsunami pasti akan menyisakan kesedihan yang begitu mendalam. Seperti halnya yang terjadi di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandeglang, Lampung Selatan dan Serang itu cukup menyita perhatian banyak orang.

Karena, ada banyak korban dari bencana tersebut. Mulai dari korban luka ringan, berat hingga meninggal. Pastinya, kejadian itu akan sangat menimbulkan , khususnya bagi anak-anak yang terpisah atau ditinggal orang tuanya untuk selama-lamanya.

Menyikapi hal itu, mungkin sebagian dari Anda ingin membantu mereka agar kembali ceria seperti sedia kala. Nah, salah satu cara membantu anak-anak kembali bersemangat, dan optimis setelah mengalami kejadian tersebut dapat menggunakan metode fun theraphy.

Terapi ini bisa dilakukan dengan cara, mengajak anak-anak untuk melakukan face painting atau hena art.

“Dengan melakukan face painting dan hena art, anak-anak belajar banyak dengan menggambar. Ini adalah salah satu wadah untuk mengekspresikan diri, membiarkan kreativitas anak tertuang dalam sebuah wadah,” papar Muhamas Agus Syafii, pemilik tempat belajar bagi anak yatim dan dhuafa, Rumah Amalia.

Kegiatan ini, menurut Agus, membuat anak-anak larut dalam kegiatan yang menyenangkan bersama teman-teman mereka yang lain dan melupakan trauma psikis yang mereka hadapi.

Serta perlahan-lahan bisa memberikan pemulihan bagi anak-anak yang kehilangan orang tuanya. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk anak- anak siap menghadapi kehidupan selanjutnya.

“Anak-anak begitu gembira ketika melakukan fun therapy. Ini bisa menjadi salah satu bentuk harapan bagi mereka yang tidak memiliki orang tua, agar tetap bisa menjalankan hidup,” tambahnya.

Kegiatan fun therapy ini juga bisa dilakukan dengan cara membagikan pengalaman dan cerita berupa motivasi oleh para orang-orang yang berpengalaman. (fimela.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.