oleh

Begini Cara Hitung Berat Badan Ideal Anda

PortalMadura.Com – Setiap orang menginginkan memiliki berat badan yang ideal. Khususnya, bagi perempuan yang selalu ingin tampil langsing untuk menunjang penampilan. Bentuk tubuh ideal menurut setiap orang memiliki pandangan yang berbeda, jika menurut Anda bentuk tubuh Anda ideal belum tentu menurut teman atau keluarga Anda sudah ideal.

Bisa saja orang lain menganggap Anda terlalu kurus atau masih gemuk. Bagi sebagian orang belum mengetahui berat ideal yang sesungguhnya, ada cara penghitungan untuk mengetahui berat badan Anda ideal atau tidak.

Jika Anda ingin tahu berat badan ideal Anda, maka berikut cara menghitung berat badan Anda dilansir dari Merdeka.com, Kamis (7/5/2020)

Menghitung berat badan menggunakan BMI (Body Mass Index). BMI merupakan perhitungan kalkulasi berdasarkan berat badan dan tinggi badan kemudian bisa ditentukan termasuk kategori ideal, kurus, atau gemuk.

Menghitung berat badan menggunakan BMI disarankan untuk usia di atas 20 tahun, apabila digunakan untuk usia di bawah 20 tahun akan menghasilkan nilai yang berbeda.

 Cara Hitung Berat Badan Ideal:

Meskipun pria dan wanita memiliki cara yang berbeda dalam menghitung berat badan ideal, rumus ini tidaklah rumit. Berikut adalah rumusnya:

  • Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]
  • Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

Misalnya untuk pria, jika kamu memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitungnya adalah (170-100)-[(170-100)x10%], 70-7= 63. Jadi, berat badan ideal kamu adalah 63 kilogram. 

Sedangkan, jika kamu seorang wanita dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Jadi, berat badan kamu adalah 49,3 kilogram.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Body Mass Index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Berbeda dengan cara perhitungan sebelumnya yang membedakan cara perhitungan pria dan wanita, BMI dibedakan berdasarkan usia.

Kalkulator BMI, dapat digunakan oleh seseorang yang sudah berusia 20 tahun atau lebih. Bagi mereka yang berusia di bawah 20 tahun, ada cara lain untuk menghitungnya.

Dengan menggunakan kalkulator BMI, akan diketahui apakah seseorang masuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak. Meskipun begitu, BMI dapat menimbulkan kesalahpahaman bagi atlet atau olahragawan.

Berat badan juga berasal dari massa otot, sehingga atlet bisa dinyatakan kelebihan berat badan, padahal sebenarnya tidak. Sebelum mencoba kalkulator BMI, ada baiknya mengetahui beberapa keterangan mengenai perhitungan ini:

  • Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25.
  • Jika angka BMI melebihi 25, kamu memiliki berat badan berlebih.
  • Sedangkan, jika angka BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang.
  • Jika angka BMI sudah melebihi angka 40, sebaiknya dilakukan penanganan secepatnya karena angka ini menunjukkan tanda bahaya.

Cara menghitungnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

Sebagai contohnya, jika berat badan kamu 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, nilai BMI kamu adalah 47:(1,63)= 17.8. Berarti, berat badan kamu termasuk di bawah rata-rata.

Perhatikan berat badan Anda, pastikan berada dalam nilai normal, karena berat badan yang berlebihan dan dibawah nilai normal memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Untuk itu biasakan untuk hitung berat badan ideal anda, agar anda terjauh dari beram penyakit atau ganguan kesehatan.(*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : merdeka.com

Komentar