oleh

Ketahui Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

PortalMadura.Com – Disaat tubuh Anda lelah, itu tandanya Anda membutuhkan istirahat. Biasanya Anda akan memutuskan untuk tidur. Setelah bangun tidur, Anda pasti akan mengharapkan tubuh terasa segar dan berenergi. Tapi, Anda merasakan pusing saat terbangun dari tidur. Pernahkah Anda merasakan ini?

Jika Anda pernah merasakan ini, ada beberapa hal yang membuat Anda pusing saat terbangun dari tidur baik karena fisik hingga psikis. Berikut penyebabnya, dilansir dari laman Klikdokter.com, Senin (4/5/2020)

Hipotensi atau Darah Rendah

Hipotensi merupakan tekanan darah rendah yaitu kurang dari 90/60 mmHg. Jika Anda ingin tahu tekanan darah Anda, maka bisa cek tensi ke pelayanan kesehatan. Saat Anda mengalami hipotensi maka Anda jangan khawatir, karena tekanan darah akan berubah setiap saat ini bergantung dari aktivitas Anda.

Pemeriksaan tekanan darah secara duduk, tidur dan berdiri menghasilkan nilai yang berbeda. Sebaiknya Anda, melakukan pemeriksaan dengan posisi tidur.

Kekurangan Zat Besi dan Anemia

Anemia berbeda dengan tekanan darah rendah. Jika Anda mengalami Anemia, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi atau bisa dengan minum suplemen yang mengandung zat besi.

Dehidrasi

Ketika Anda tidur selama kurang lebih delapan jam, tubuh Anda akan kekurangan air karena selam tidur Anda tidak minum. Sebaiknya, minum air mineral satu gelas sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Ini dapat mencegah Anda dari dehidrasi.

Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi level gula darah Anda berada di bawah normal. Hal ini yang akan membuat Anda merasa pusing saat bangun tidur. Biasanya, kekurangan kadar gula terjadi pada Anda yang melakukan puasa, lupa makan, dan diet ketat.

Sebaiknya Anda perhatikan kondisi ini, agar Anda tidak merasakan pusing saat bangun tidur.

Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

BPPV biasanya orang kenal dengan sebutan vertigo. Biasanya Anda akan merasakan bumi yang berputar. Biasanya ini disebabkan karena posisi pindah kepala yang mendadak. Sebaiknya saat Anda terbangun, sejenak duduk terlebih dahulu jangan langsung bangun dari tempat tidur.

Baca Juga : Hukum Puasa Ramadan Dalam Kondisi Belum Mandi Junub

Pusing ketika bangun di pagi hari bisa dicegah dengan cara ini:

Setelah bangun tidur, sebaiknya duduk terlebih dahulu selama 5-10 menit sebelum berdiri
Minum air mineral dua gelas sebelum tidur.
Perbanyak konsumsi buah, sayur, serta daging untuk mencegah terjadinya anemia.
Rutin olahraga minimal dua kali seminggu.
Jika Anda diabetes maka atur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Selalu cek rutin ke dokter. (*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Klikdokter.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar