oleh

Begini Cara Mudah Aktifkan Transkripsi Otomatis di Zoom

PortalMadura.Com – Melakukan video conference sekarang ini sudah menjadi hal biasa di masa pandemi. Berbagai rapat, pertemuan ataupun tugas-tugas sekolah banyak dilakukan dengan cara video virtual. Hal ini tidak lain untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.

Aplikasi Zoom adalah salah satu yang dipakai oleh kebanyakan orang dalam video conference. Tahukah Anda, ada yang baru dari aplikasi ini yaitu transkripsi otomatis. Tidak hanya yang berbayar, fitur ini juga tersedia bagi pengguna gratis.

Sayangnya, bahasa yang didukung fitur ini baru bahasa Inggris. Tapi tenang saja, di sisi lain ada positifnya, di mana fitur ini memanfaatkan AI untuk menambahkan teks transkripsi dalam video konferensi yang berlangsung secara otomatis.

Bagaimana caranya?. Pengguna cukup masuk ke Zoom melalui situs web. Kemudian, buka ‘Pengaturan’ dan klik ‘Rapat’. Lalu, pilih opsi ‘Closed Caption‘. Selanjutnya, pengguna bisa aktifkan transkripsi otomatis setelah memilih opsi pengaktifan tersebut.

Dikutip dari Lifehacker via Tekno Liputan6.com, langkah ini merupakan cara lanjutan usai penggunanya telah mengaktifkannya melalui cara sebelumnya.

Jadi, pastikan fitur ini telah aktif sebelumnya. Kemudian, ketuk pilihan ‘Closed Caption‘ atau ‘Live Transcription‘ yang ada pada pengaturan panggilan konferensi. Lalu, setelah ada opsi, pilih ‘Enable Auto-Transcription‘.

Fitur ini secara otomatis akan mendeteksi ucapan yang disampaikan saat konferensi dan menampilkan teks di layar. Kendati demikian, kemungkinan masih terdapat kesalahan dalam penampilan teks transkripsi tersebut.

Akurasi

Perusahaan menyebut, keakuratan dipengaruhi oleh beberapa aspek. Mulai dari kebisingan suara, volume dan kejernihan suara pembicara, kemampuan pembicara berbahasa Inggris, dan dialek khusus dari pembicara.

Perusahaan menambahkan, jika transkripsi otomatis tidak berjalan dengan baik, aplikasi itu menyediakan opsi untuk mengetik teks manual secara real time.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Merdeka.Com

Komentar