Umat Islam, Ini 6 Amalan Sunah yang Dijamin Surga

Avatar of PortalMadura.com
6 Amalan Sunah yang Dijamin Surga
Ilustrasi (Moslem Lifestyle)

PortalMadura.Com – Semua manusia pasti berharap berada di untuk kehidupan kelak. Oleh karena itu, lakukan perintah Allah SWT dan jauhi laranganNya. Dan orang-orang saleh yang akan mendapatkan surga dengan rahmat Allah.

Rasulullah bersabda: “Jaminlah untukku enam hal darimu, aku jaminkan surga untukmu; benar dalam bicara, tepat janji kepada Allah dan manusia, tunaikan amanah, tutup aurat dan jaga kemaluanmu, tahan matamu dari yang haram, dan jaga tangan,” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Baihaqi).

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut beberapa yang apabila dilakukan akan mendapat jaminan surga.

Jujur dalam Berkata

Jujur merupakan ketenangan jiwa. Berkata jujur tidak hanya ditujukan kepada penyampaian hal-hal baik, namun juga hal lainnya yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Sebuah informasi harus disampaikan sebenar-benarnya, secara jujur, meskipun begitu pahit untuk diterima. Kejujuran akan berbuah pada ketenangan dalam jiwa karena tidak adanya masalah yang menjadi bebannya.

Orang yang jujur akan senantiasa diselimuti ketenangan dalam jiwanya dan kejujuran hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang kuat imannya. Dan orang-orang jujur akan bersama para nabi di Surga Firdaus.

Selalu Penuhi Janji

Senantiasa menepati janji, kepada Allah dan manusia. Dengan menepati janji, maka menandakan kemampuan diri untuk menunaikan penghambaan secara totalitas kepada Allah dan RasulNya.

Adapun jika tidak bisa menepati, janganlah ingkar janji. Katakan yang sebenarnya dengan berterus terang.

Jalankan Amanah

Orang yang amanah menandakan orang yang mampu memberikan rasa aman, sebagai buah dari keimanannya kepada Allah SWT.

Menjaga Kemaluan

Dalam hal ini, maksudnya adalah menjaga dari hal-hal buruk berbau kemaksiatan, seperti mendekati zina.

Menikah dengan cara baik, lalu letakkan dalam yang halal. Menjadi halal melalui pernikahan hanya membutuhkan waktu 5 menit (ijab qabul) setelah itu dapat bebas berhubungan dalam ikatan halal dan justru menuai pahala. Sementara zina selalu diawali dengan kekhawatiran dan kecemasan, itulah yang harusnya dihindari.

Tundukkan Pandangan dari yang Haram

Setiap manusia dianugerahi mata untuk melihat. Sebagai makhluk berakal, kita dapat mengontrol hak guna mata untuk menghindari hal-hal haram yang tidak sepatutnya dilihat.

Menjaga Tangan

Menjaga tangan maksudnya ialah menggunakan tangan sesuai fungsinya dengan baik, seperti diantaranya menolong orang lain dengan memberikan uluran tangan kita. Selebihnya, hindari hal-hal yang dapat berpotensi menyakiti orang lain hanya dengan perlakuan melalui tangan kita.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang berkata; ”Orang muslim yang sejati akan menyelamatkan muslim lainnya dari bahaya lisan dan tangannya,”.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.