Begini Doa Ketika Ziarah Kubur

Avatar of PortalMadura.com
Begini Doa Ketika Ziarah Kubur
Ilustrasi (Pasberita.com)

PortalMadura.Com – Menjelang bulan puasa Ramadan, sebagian tradisi umat Muslim di Indonesia yaitu melakukan . Mereka menganggap bahwa hal tersebut menjadi waktu utama berziarah ke kuburan orang tua, saudara, atau kerabat.

Perlu Anda ketahui, ziarah kubur itu diperbolehkan, bahkan disunahkan, karena dapat mengingatkan pada kematian. Sebagaimana hadis Rasulullah, “dari Anas bin Malik ra. ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Aku dulu pernah melarang berziarah kubur, maka sekarang berziarahlah, karena sesungguhnya ia dapat mengingatkan kalian akan kematian” (HR. Ahmad dan al Hakim).

Pada saat ziarah kubur tersebut dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan doa. Di antara zikir dan doa yang dibaca sebagai berikut:

Pertama, membaca istighfar tiga kali.

Kedua, membaca surah al-Fatihah.

Ketiga, membaca surah al-Ikhlas tiga kali.

Keempat, membaca surah al-Falaq.

Kelima, membaca surah an-Nas.

Keenam, melafalkan kalimat tahlil tiga puluh tiga kali.

Ketujuh, membaca doa. Di antara doa yang bisa dibaca pada saat ziarah kubur adalah doa yang sering dibaca saat salat jenazah:

Allahummaghfirlahu war hamhu wa ‘aafihii wa'fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi' madholahu, waghsilhu bil maa'i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi. Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aidzhu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi“.

Artinya; “Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukanlah dia ke dalam surga, lindungilah dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya” (HR. Muslim).

Baca Juga : 3 Fadilah Ziarahi Kuburan Orang Tua di Hari Jumat

Demikianlah bacaan zikir dan doa yang bisa dibaca ketika ziarah kubur. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.