Begini Kriteria Hewan Qurban Menurut Rasul

Avatar of PortalMadura.com
Begini Kriteria Hewan Qurban Menurut Rasul
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tinggal menghitung hari umat muslim akan memasuki . Nah, di bulan Dzulhijjah ini umat muslim mengidentikkan Idul Adha. Ya, di bulan ini umat muslim memotong hewan sebagai salah satu bentuk ketaatan dan dan wujud syukur hamba kepada sang Pencita. Allah SWT berfirman:

“Maka dirikanlah salat untuk Rabbmu dan berqurbanlah (untuk Rabbmu).” (QS. Al-Kautsar: 2).

Berqurban berasal dari bahasa arab yang berarti mendekatkan diri. Qurban sendiri berasal dari kata Qorroba-Yuqorribu-Qurbaanan. Tentu mendekatkan diri dimaksudkan untuk hamba kepada sang Khaliq, sebuah cara pendekatan diri, penghambaan, ketaatan dan kesyukuran.

Kemudian dalam Surat Al-An'am ayat 62 Allah berfirman:

“Katakanlah: Sesungguhnya salatku, ibadah (qurban) ku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam.”

Ketika hendak berqurban, alangkah baiknya memberikan hewan terbaik. Sebagaimana yang Rasul lakukan ketika qurban. Berikut cara Nabi Muhammad lakukan qurban, seperti salah satu riwayat yang dikutip oleh Ustadz Farid Nu'man Hasan dalam channel telegramnya seperti disarikan dari Kisah Hikmah.

Beliau menyebutkan satu hadis agung yang menyebutkan ciri-ciri kambing yang dipilih Nabi untuk dijadikan hewan qurban.

“Nabi SAW memotong unta dengan tangannya sendiri sambil berdiri. Di kota Madinah, beliau memotong dua ekor kambing Kibasy yang amlahain.” (HR Bukhari nomor 1551).

Yang dimaksud Kabsyain Amlahain yakni dua Kibasy yang amlahain. Al-Amlah artinya putih tanpa campuran. Al-‘Iraqi mengatakan, “Yang benar adalah putih dan hitam. Namun putihnya lebih banyak.” (Bulughul Maram, Hal. 252, Cat kaki no. 4. Cet. 1. 1425H – 2004M. Darul Kutub al-Islamiyah)

Sementara itu, Syaikh Abu Bakar bin Jabir al-Jazairi menjelaskan, “Hewan qurban paling utama adalah kambing Kibasy yang bertanduk, jantan, putih bercampur hitam di sekitar mata dan kakinya. Karena ciri-ciri seperti itulah yang disukai oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam dan beliau berqurban dengannya.”

Sementara itu, Ummul Mukminin ‘Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq Radhiyallahu Anhuma mengatakan, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam berqurban dengan Kibasy yang bertanduk, kaki-kakinya hitam, dan ada warna hitam di sekitar kedua matanya.”

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi Radhiyallahu anhu. Beliau menilainya sebagai hadis shahih. (Minhajul Muslim, Hal. 237. Cet. 4. 2012M/1433H. Maktabah Al ‘Ulum wal Hikam, Madinah Al Munawwarah).

Demikian mengenai kriteria kambing pilihan Rasulullah SAW. Semoga informasi di atas bermanfaat. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.