Begini Langkah Mengetik dengan Suara di Google Docs

  • Bagikan
Begini-Langkah-Mengetik-dengan-Suara-di-Google-Docs
Ilustrasi (teknologi.id)

PortalMadura.Com – Sudah tahukan dengan Google Docs?. Ya aplikasi pengolah teks yang dibekali banyak fitur ini menarik minat banyak orang. Bagaimana tidak, di dalamnya terdapat salah satu fitur yang namanya voice typing-nya.

Singkat kata, pada dasarnya fitur ini berbasis teknik voice recognition. Di mana merupakan teknologi yang memungkinkan mesin atau komputer mengenali ujaran lisan. Jadi, ketika menggunakan fitur voice typing, pengguna Google Docs dapat mengetik hanya dengan melafalkan teks dalam ujaran lisan.

Lantas, sudah tahukah Anda bagaimana cara mengaktifkan fitur ini?. Jika belum, caranya mudah saja. Yuk simak rangkumannya berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (4/11/2021) dari laman Liputan6.Com:

1. Buka Google Docs. Lalu, klik pada menu Format.

2. Cari menu Voice typing. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog dengan ikon mikrofon.

3. Secara default, setelan bahasa di fitur ini adalah bahasa Inggris. Jika hendak mengetik dengan suara bahasa Indonesia, klik pada tanda panah ke bawah di sebelah English US. Lalu, cari opsi bahasa Indonesia.

4. Setelah itu, klik pada ikon mikrofon di kotak dialog itu dan mulai berbicara. Untuk memudahkan proses pengenalan suara, pastikan Anda berbicara dengan jelas.

Itulah cara mengaktifkan fitur suara di Google Docs. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.