oleh

Begini Solusi Atasi “Bocor Alus Keuangan” yang Perlu Dicoba

PortalMadura.com- Dalam meraih kondisi keuangan bebas hutang, seseorang bisa menerapkan berbagai cara termasuk penghematan. Namun dalam prakteknya, terkadang secara tidak sadar mereka justru membuat keuangan boros dengan mengeluarkan biaya-biaya yang tidak dibutuhkan.

Mengenal Penyebab “Bocor Alus Keuangan”

“Bocor alus keuangan” merupakan suatu istilah yang menggambarkan tentang perbuatan-perbuatan yang tanpa disadari menyebabkan banyak pengeluaran. Jika dilakukan secara terus menerus, bukan tidak mungkin target keuangan yang diharapkan semakin sulit untuk diraih.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Bocor alus biasanya berasal dari anggaran yang dianggap kecil namun dilakukan secara terus menerus, seperti misalnya membeli boba, berkali-kali transfer antar bank yang disertai biaya admin, dan lain sebagainya.

Solusi Atasi “Bocor Alus Keuangan”

Agar terhindar dari efek buruk kebiasaan ini, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini, antara lain :

●      Catat Arus Keuangan

Mencatat arus keluar masuknya uang amat penting dilakukan. Berbagai manfaat bisa didapatkan lewat kebiasaan ini, diantaranya bisa membuat Anda mengetahui kemana larinya uang yang Anda miliki, menghindarkan dari kebiasaan membeli sesuatu yang telah dimiliki serta menghindarkan Anda lupa membeli suatu kebutuhan.

Dengan mencatat keuangan, pengeluaran yang menyebabkan “bocor alus” diharapkan dapat diketahui sehingga Anda mampu mengatasinya dengan segera sebelum berlarut-larut.

Pada awalnya, mungkin Anda akan sering lupa atau bahkan malas melakukannya. Namun mengingat begitu banyak manfaat yang akan didapatkan, amat disayangkan bila Anda melewatkan mencatat cashflow.

●      Pilih Produk-produk yang Sesuai dengan Budget Anda

Trik selanjutnya untuk menghindarkan Anda dari “bocor alus keuangan” adalah menggunakan produk yang memang sesuai dengan gaji atau pendapatan. Meskipun gaji yang Anda miliki naik, namun gaya hidup sebaiknya tidak ikut naik agar Anda memiliki lebih banyak uang yang bisa disimpan baik dalam bentuk cash atau dalam bentuk investasi.

Selain memastikan bahwa produk yang dipakai sudah sesuai budget, hal lain yang tak kalah penting adalah menghentikan kartu keanggotaan yang memang tidak aktif diikuti. Tentu biaya keanggotaan yang terus berjalan bisa menggerus cashflow tanpa memberikan manfaat bagi Anda.

●      Manfaatkan atau Membeli Barang Promo

Memanfaatkan promo saat bertransaksi tentu memberi keuntungan tersendiri. Nah, Anda bisa berburu promo melalui sosial media brand yang Anda gunakan. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan promo gratis ongkos kirim hingga cashback dalam setiap transaksi.

Namun, pastikan Anda berbelanja memang karena membutuhkannya dan memang memiliki uangnya, bukan karena alasan diskon padahal benda tersebut tidak Anda butuhkan.

●      Perhatikan Biaya Saat Top Up e-Wallet

Tak kalah penting, cara menghindari “bocor alus keuangan” adalah dengan memperhatikan setiap detail transaksi yang Anda lakukan, misal top up saldo e-wallet seperti OVO.

Jika Anda sering menggunakan grab untuk transportasi sehari-hari, atau mereka yang gemar mencari makanan di grab, tentu mereka diharuskan sering top up saldo OVO apabila ingin mengurangi transaksi cash terlebih saat pandemi seperti ini.

Sayangnya, top up saldo OVO dari bank konvensional dikenakan biaya admin. Intensitas top up OVO yang terlalu sering tentunya akan merugikan karena biaya yang dikeluarkan setiap kali top up. Top up OVO via Flip menjadi cara andalan untuk menghindari “bocor alus keuangan”.

Lewat Flip, Anda akan dibebaskan dari biaya admin dengan langkah-langkah yang mudah. Anda juga bisa melakukan Top up OVO via Flip. Tentu dengan cara ini, Anda akan dibebaskan dari biaya admin yang bila dilakukan terus menerus bisa menyebabkan “bocor alus keuangan”.

Cara Top up OVO via Flip cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi flip lalu pilih bank tujuan OVO, kemudian isi nominal dengan nilai minimal sebesar Rp 20.000.

Agar kebebasan finansial dapat Anda raih, tak hanya dibutuhkan niat yang kuat saat membuat goal. Namun juga diperlukan  konsistensi dan strategi yang dipakai. Melakukan Top up OVO via Flip adalah salah satu cara mudahnya.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar