Begini Tips Mudah Menyimpan Buah dan Sayur saat Libur Lebaran

Avatar of PortalMadura.com
Begini Tips Mudah Menyimpan Buah dan Sayur saat Libur Lebaran
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Akan tetapi saat sedang libur lebaran seperti ini kita akan sulit menemukan sayuran segar. Agar daya simpannya lebih lama, Anda dapat menyimpan sayur dan buah dalam kulkas.

Saat lebaran tiba, semua umat Muslim pasti akan merayakannya. Acara berkumpul dengan keluarga, silaturahmi dan berbagi cerita jadi agenda utama. Karena itulah banyak toko atau warung yang libur.

Bagi ibu-ibu otomatis pasti akan menyiapkan stok sayur dan buah serta bahan masakan lain untuk dimasak selama liburan lebaran. Nah, agar tidak kesulitan belanja sayur dan buah segar, lebih baik menyimpannya dengan baik.

Baca Juga: Ajak Tingkatkan Kualitas Diri, Bupati Serahkan Bantuan Pada Keluarga Keraton Sumenep

Agar tak layu saat diolah, sayur dan buah segar dapat Anda simpan selama 3-5 hari dalam lemari es dengan cara mensortir sayuran hingga mengemasnya per jenisnya agar tidak cepat layu. Selain itu, Anda uga harus tahu buah atau sayur apa yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam lemari es.

Buah dan sayuran yang disimpan sebaiknya jangan dicuci agar air tidak terserap. Lebih baik, simpan dengan plastik pembungkus kedap udara supaya bakteri tidak menyebar. Tips ini juga mencegah agar tidak gampang busuk. Sebab, beberapa jenis sayuran dan buah mengandung gas ethylene yang bisa mengurangi kesegaran buah, sehingga cepat hitam dan busuk.

Selain itu, kulkas yang bersih juga menjadi hal yang penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Suhu pada kulkas juga mampu menentukan munculnya bakteri atau tidak. Idealnya, suhu didalam kulkas yaitu antara 1-4 derajat celcius.

Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya mempengaruhi rasa dan juga aroma makanan. Sementara itu, jika lebih rendah akan membuat sayuran beku. Nah, semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.