Benarkah Arwah Penasaran Itu Ada? Ini Penjelasannya

Avatar of PortalMadura.com
Benarkah Arwah Penasaran Itu Ada? Ini Penjelasannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang, dipercaya sebagai kembalinya seseorang yang sudah meninggal dunia karena memiliki tangguhan yang belum terselesaikan. Mulai dari tangguhan untuk membalas dendam atau bahkan tangguhan untuk menyelesaikan urusannya di dunia.

Mungkin sebagian orang pernah bercerita atau menyadari adanya hantu di sekitar yang kerap mengganggu. Namun, apakah arwah gentayangan itu benar adanya atau hanya sekadar mitos yang beredar di masyarakat?. Sebenarnya sampai saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa roh penasaran itu memang benar adanya.

Banyak sudah orang yang menjadi saksi pernah melihat arwah penasaran tersebut, akan tetapi dari segi fakta-fakta ilmiah mengapa dan bagaimana arwah itu bisa penasaran sama sekali belum ada. Maka dari itu, untuk memperjelasnya berikut ini akan dibahas dari beberapa sudut pandang tentang roh penasaran.

Dari Sudut Pandang Masyarakat Awam
Banyak masyarakat awam yang percaya bahwa hal itu benar adanya. Dikarenakan sudah banyak orang mengaku pernah melihat arwah penasaran. Walaupun belum jelas apakah pengakuan itu benar adanya atau memang dibuat-buat. Dari sudut pandang masyarakat telah banyak penyebab mengapa arwah tersebut menjadi penasaran, misalnya seperti yang saya sebutkan di bawah ini.

1. Tali Pocong
Banyak masyarakat yang percaya bahwa jika saat proses pemakaman seseorang lupa untuk membuka tali pocong di bagian kepala jenazah, maka jenazah tersebut akan kesakitan dan akhirnya gentayangan untuk meminta tolong agar ada yang membuka tali pocong tersebut. Entah siapa yang pertama menyimpulkan hal ini, yang jelas istilah ini mulai membumbung tinggi sejak film “mumun” yang menceritakan tentang pocong menjadi tontonan masyarakat beberapa tahun yang lalu.

2. Pembunuhan
Sebagian besar masyarakat juga percaya bahwa korban pembunuhan pasti arwahnya penasaran. Hal ini dikarenakan banyak yang percaya bahwa sebenarnya orang tersebut belum saatnya untuk meninggal. Karena itulah, arwah akan penasaran menghantui pembunuhnya untuk meminta pertanggung jawaban.

3. Bunuh Diri
Sama halnya dengan korban pembunuhan, para korban bunuh diri juga dipercaya arwahnya akan penasaran dikarenakan dia meninggal pada waktu yang belum waktunya sehingga arwahnya belum diterima. Maka dari itu, arwah akan terus penasaran memohon pertolongan agar dibantu menuju tempat yang tenang.

4. Kehilangan Anggota Badan
Banyak masyarakat yang percaya bahwa seseorang yang meninggal dengan kondisi bagian tubuhnya terpisah-pisah harus benar-benar disatukan kembali bagian tubuhnya itu dan di kuburkan dalam satu liang lahat yang sama. Karena jika tidak, maka arwah tersebut akan penasaran mencari anggota badannya yang tidak lengkap dan menghantui banyak orang.

Dari Sudut Pandang Beberapa Pendapat Tertentu
Dari sudut pandang hampir seluruh agama telah membahas sendiri mengenai arwah penasaran ini. Tetapi kesimpulannya sangat berbeda dengan pandangan masyarakat. Berdasarkan agama tidak ada yang namanya arwah penasaran, karena ketika seseorang meninggal maka arwah akan langsung dikembalikan ke akhirat. Yang ada adalah ulah para jin yang menggoda manusia dengan menyamar menjadi orang yang sudah meninggal.

Ada juga beberapa pendapat yang menghubungkan arwah penasaran dengan jin pendamping manusia. Dipercaya, setiap orang memiliki jin yang mendampingi manusia tersebut dari dia lahir hingga meninggal dunia. Jin ini merupakan refleksi dari perbuatan manusia tersebut.

Pasalnya, jin ini juga mengetahui apa saja yang terjadi dengan manusia yang didampinginya itu. Nah, ketika manusia yang didampingi jin tersebut meninggal dunia, maka jin tersebut akan kehilangan pengikutnya. Oleh karena itu, dia akan menggoda manusia dengan menyamar sebagai manusia yang selama ini ia dampingi dan mendatangi orang-orang terdekat tuannya. Sehingga dianggap sebagai arwah penasaran.

Sedangkan menurut pandangan psikolog tentunya arwah penasaran itu tidak ada. Yang ada adalah adanya ketakutan dengan pikiran-pikiran Anda sendiri sehingga alam bawah sadar akan membentuk halusinasi dan dapat melihat hal-hal yang menakutkan diri Anda sendiri. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan Anda tidak takut lagi. (kumpulanmisteri.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.