Benarkah Boleh Olahraga Saat Haid? Ini Jawabannya

Avatar of PortalMadura.Com
Benarkah Boleh Olahraga Saat Haid? Ini Jawabannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat sedang biasanya kaum perempuan malas untuk melakukan sesuatu lantaran rasa sakit yang terus mengganggu. Tidak hanya itu, terlalu banyaknya emosi, gangguan psikologis, dan suasana hati yang terlibat membuat sebagian orang beranggapan bahwa perlu berhati-hati saat masa haid.

Padahal, ada kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan Anda saat sedang haid yaitu olahraga. Jangan takut melakukan olahraga saat sedang menstruasi, karena hal ini memiliki dampak positif bagi tubuh.

Olahraga ternyata bisa membantu mengurangi kram dan kembung saat haid. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan efektivitas dari sirkulasi darah serta merilis hormon beta endorphin sehingga mengurangi berbagai nyeri yang ditimbulkan akibat tubuh kehilangan darah dan zat besi. Tetap pastikan porsi olahraga yang dilakukan ya, karena intensitas olahraga juga berpengaruh terhadap siklus haidnya.

Nah, apa saja olahraga yang cocok bagi Anda yang sedang haid?. Berikut ini beberapa olahraga yang bisa dilakukan:

Yoga
Yoga dipercaya bisa mengurangi stres dan menimbulkan efek relaksasi bagi tubuh. Saat Anda sedang haid, maka disarankan untuk melakukan olahraga ini, terutama dengan melakukan pose-pose yang menimbulkan ketenangan. Yoga juga bisa mengurangi efek-efek semacam suasana hati berubah atau beragam nyeri yang muncul selama haid.

Jalan Kaki
Jalan santai juga merupakan olahraga sederhana yang tetap bisa dilakukan dan insyaAllah tidak berefek buruk ketika sedang haid.

Lari Jarak Pendek
Jika selama ini Anda beranggapan bahwa lari saat haid tidak memungkinkan, ternyata dugaan Anda salah. Berolahraga terutama lari saat haid bisa meningkatkan kadar ekstrogen dalam tubuh. Sehingga proses penghancuran glikogen sebagai sumber energi bisa diminimalisasi. Hal ini bisa mengurangi rasa lemas yang sering muncul saat haid.

Aerobik
Aerobik bisa meningkatkan mood swing saat haid. Olahraga ini juga bisa mengoptimalkan kerja jantung dan melancarkan peredaran oksigen dalam tubuh.

Pilates
Berbagai olahraga di atas pilates juga baik untuk dilakukan. Akan tetapi, ada yang perlu diperhatikan, tidak semua jenis olahraga bisa Anda lakukan. ternyata ada beberapa olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan saat haid, yaitu sit up, push up, squat, lompat jauh, lompat tinggi, bersepeda, spinning, dan lain-lain yang berpotensi menambah nyeri perut.

Gimana? Masih malas berolahraga saat haid? Jika hasil yang Anda dapatkan bisa meredakan nyeri, kenapa tidak?. Semoga bermanfaat ya dan tetap jaga kondisi kesehatannya. (ummionline.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.