Bunda, Ini 3 Cara Efektif Ajarkan Anak Sikap Peduli Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Ini 3 Cara Efektif Ajarkan Anak Sikap Peduli Sejak Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orangtua pasti menginginkan buah hati mereka tumbuh menjadi anak baik yang mengerti kesulitan orang lain. Namun, untuk memiliki anak dengan sifat tersebut, ternyata membutuhkan waktu dan pola pendidikan yang tepat.

Oleh karena itu, peran orangtua sangat dibutuhkan untuk melakukannya. Pasalnya, mengajarkan si kecil agar menjadi anak yang punya empati dan peduli terhadap lingkungan di sekitar merupakan tanggung jawab orangtua.

Sebagaimana yang dikatakan ahli perkembangan anak dan profesor York University, Carol Anne Wien, bahwa orang dewasa lah yang seharusnya mengajarkan anak rasa empati sejak dini. Hal ini adalah dasar anak menjalin hubungan sosial dengan sekitarnya.

Lantas bagaimana caranya?. Berikut ini tiga cara yang bisa orangtua lakukan pada si kecil:

Beri Kata-kata yang Menunjukkan Kepedulian
Kapan pun anak menghadapi suatu momen di mana ia bisa mengekspresikan perasaannya dengan baik, maka orangtua perlu mengajarkan sesuatu padanya.

Misalnya, saat anak terjatuh dan menangis, tanyakan padanya mengapa, lalu berikan kata-kata menenangkan seperti “Tidak apa-apa, sakitnya akan hilang kok. Cup…cup.” Nantinya, anak akan melakukan hal yang sama jika teman atau saudaranya jatuh.

Tunjukkan Teladan
Orangtua adalah contoh paling baik untuk menunjukkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama maupun lingkungan. Seperti menyayangi hewan peliharaan atau menyiram tanaman.

Anak pun akan berlaku meniru orangtua, melihat bagaimana orangtua berinteraksi dan menjadikannya pedoman.

Latihan Sehari-hari
Beri si kecil kesempatan untuk melatih rasa empati tersebut. Misalnya, ketika ada temannya di sekolah TK sedang menangis karena berebut mainan, ajak anak untuk mendekati temannya dan meminjamkan mainan. Anak dengan sendirinya akan terbiasa, kapan ia harus peduli dengan yang lain dan sekitarnya.

Semua memang harus dimulai dari diri sendiri dulu, jika Anda bisa membangun nuansa caring atau peduli dari diri Anda sendiri terhadap orang lain dan lingkungan, anak juga akan belajar hal yang sama. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.