oleh

Benarkah Konsumsi Kunyit Bisa Tingkatkan Memori Otak?

PortalMadura.Com – Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang digunakan banyak orang untuk memperkuat cita rasa pada makanannya. Selain itu, bahan dapur yang satu ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Di antara manfaat mengonsumsi kunyit, yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengandung antioksidan, dan memiliki sifat antikanker. Bahkan menurut penelitian, mengonsumsi kunyit juga dapat membantu memperbaiki ingatan Anda dalam waktu singkat.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Studi lain yang terkait dengan kontrol plasebo mempelajari efek kurkumin, salah satu senyawa dalam kunyit, pada orang dewasa sehat secara mental antara usia 70 dan 85 tahun. Tujuannya untuk melihat apakah bumbu tersebut memiliki efek pada memori jangka pendek atau jangka panjang. Inilah alasan mengapa mengonsumsi kunyit sangat baik bagi kesehatan.

Hasilnya, hanya satu jam setelah makan bumbu bersangkutan, peserta studi meningkatkan kinerja mereka pada tugas yang melakukan latihan memori. Setelah total empat minggu, orang yang mengonsumsi kunyit melaporkan bahwa tingkat energi mereka telah naik. Hal ini juga tercermin dalam suasana hati mereka yang telah meningkat pesat.

Adapun mereka yang mengonsumsi plasebo tidak menunjukkan adanya perubahan atau peningkatan ingatan kapan pun. Akan tetapi, kunyit adalah rempah ideal untuk penderita Alzheimer. Orang yang menderita Alzheimer memiliki gejala tertentu seperti iritabilitas, agitasi, kecemasan, dan apatis. Menurut data yang dikeluarkan oleh studi lain, mengonsumsi kunyit bisa menjadi jawaban atas masalah mereka.

Baca Juga: Guys, Ini 6 Makanan yang Dipercaya Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak

Nah, dalam kasus ini, peserta mengambil kunyit 100 mg sehari selama 12 minggu. Setelah 12 minggu, gejala yang mereka alami berkurang dan tidak menimbulkan reaksi yang merugikan. Kendati demikian, yang terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter sebelum minum kunyit. Bagaimanapun, hal ini mungkin berinteraksi dengan obat yang Anda minum.

Selain itu, bila Anda ingin menambahkan kunyit ke makanan Anda, ingatlah saran berikut ini agar bisa memasukkannya sebaik mungkin. Jumlah kunyit yang tepat untuk ditambahkan ke piring adalah satu sendok teh. Hal ini cocok dengan bumbu lainnya, seperti jinten dan lada. Anda bisa mencampurkannya seperti pada nasi, pasta, sup, saus, kacang, salad, dan sayuran yang dimasak.

Penting untuk mengonsumsi kunyit dalam jumlah sedang. Sebab, kunyit memiliki rasa yang kuat dan tidak semua orang menyukainya. Terlepas dari semua yang bisa dilakukan untuk kesehatan Anda, mengonsumsi kunyit tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau siapa saja yang memiliki masalah kantong empedu serius.

Namun, kunyit juga bagus untuk orang yang mengalami masalah kulit. Anda bisa menggunakannya dalam bentuk bubuk, karena bagus untuk mengobati masalah seperti jamur, dan psoriasis. Kunyit juga sangat efektif untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dengan mengambil alih dan menghilangkan zat berbahaya yang bisa membuat Anda sakit.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar