oleh

Kenali 3 Manfaat Body Butter untuk Kulit dan Cara Membuatnya

PortalMadura.Com – Sudahkah Anda mengenal apa itu body butter?. Krim yang bertekstur lembut ini merupakan jenis pelembab yang memberikan hidrasi jangka panjang. Biasanya di dalamnya mengandung bahan alami seperti minyak esensial.

Pada umumnya, body butter memiliki manfaat sebagai pembatas antara permukaan kulit dan faktor lingkungan di luar, serta menjaga kelembapan kulit. Tapi tidak hanya itu saja, ada khasiat lain yang mungkin belum Anda ketahui dari body butter. Apa saja?.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Berikut daftarnya:

Menjaga Hidrasi Kulit
Body butter akan membentuk penghalang yang akan mengunci kelembapan kulit Anda dan memberikan perlindungan bagi kulit dari segala macam kondisi cuaca. Tekstur body butter yang kental dan bernutrisi merupakan solusi sempurna untuk kulit yang sangat kering.

Melembutkan Kulit
Body butter kaya akan minyak esensial yang akan melembutkan serta melembapkan kulit yang kering. Menggunakan body butter di malam hari akan membuat kulit Anda lebih lembut dan bersinar di pagi harinya.

Melindungi Kulit dari Unsur Luar
Manfaat body butter lainnya adalah sebagai pelindung kulit dari unsur luar dan membuat kulit Anda terhindar dari kerusakan. Bahan-bahan seperti minyak dan butter dapat mencegah racun yang berasal dari luar sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Body butter yang memiliki kandungan asam lemak dan beberapa vitamin, seperti vitamin A, C, dan E akan melindungi kulit dari berbagai unsur, juga menjaga kulit agar tetap halus dan lembut.

Pilihan Bahan untuk Membuat Body Butter Sendiri
Tidak perlu merogoh kantong yang banyak untuk bisa memiliki body butter. Anda bisa membuat sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang juga tentunya mudah didapatkan.

Bahan body butter yang umum digunakan adalah shea butter. Ini adalah bahan yang juga sering digunakan dalam beberepa produk perawatan kulit. Shea butter memiliki kandungan asam lemak yang membuatnya sangat berguna dalam pembuatan krim kulit hingga lip balm. Shea butter juga memiliki kandungan vitamin A dan E yang dapat menenangkan dan melembapkan kulit kering.

Baca Juga : 6 Khasiat Tersembunyi Shea Butter untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Bahan body butter yang biasa digunakan adalah minyak alpukat, minyak kedelai (soy milk), dan minyak kelapa. Anda bisa mendapatkan minyak esensial ini di toko herbal atau toko online.

Cara Membuat Body Butter Sendiri di Rumah
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat body butter antara lain:
– shea butter
– tepung maizena
– minyak esensial, seperti minyak kedelai, minyak alpukat, dan minyak kelapa.

Cara Membuat:

Panaskan shea butter dan aduk terus-menerus, sampai benar-benar meleleh. Campurkan salah satu minyak esensial (sesuai pilihan Anda) dan tepung maizena, aduk hingga merata. Lalu, tuangkan campuran minyak kedelai dan tepung maizena ke dalam shea butter yang sudah meleleh, aduk lagi sampai tercampur sempurna.

Kemudian, pindahkan campuran body butter ke mangkuk besar yang berisi es. Aduk campuran tersebut dengan mixer hingga kental dan lembut. Setelah itu, pindahkan body butter ke dalam toples, dan body butter siap digunakan. Selamat mencoba.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar